oleh

Unit Lantas Polsek Lemahabang Gelar Operasi Patuh Lodaya 2018

RakyatJabarNews.com, Cirebon – Satlantas Polres Cirebon melalui Polsek Lemahabang menggelar Operasi Patuh Lodaya 2018 di depan Polsek Lemahabang Kabupaten Cirebon, Kamis (26/4). Menurut Panit 1 Satlantas Polsek Lemahabang, Ipda Soleh Siswoyo, SH menjelaskan, jika Operasi Patuh Lodaya 2018 yang dilaksanakan ini merupakan intruksi dari Polres Cirebon.

“Sesuai pimpinan kami, juga meminta pada para Bhabinkabtibmas agar memberitahukan kepada masyarakat apa itu Operasi Patuh Lodaya ke setiap masyarakat di setiap desa,” jelasnya saat ditemui awak media di sela-sela operasi, Kamis (26/4).

Masih menurut Ipda Soleh, tujuan dari Operasi Lodaya ini untuk menciptakan situasi lalu lintas yang aman, tertib, dan lancar pada lokasi rawan laka lantas, rawan pelanggaran, dan rawan macet. Selain itu, juga untuk meningkatkan ketertiban dan kepatuhan serta disiplin masyarakat dalam berlalu lintas. Adapun dasar hukum dilakukannya Operasi Patuh Lodaya 2018 ini sesuai dengan amanat Undang-Undang diantaranya, UU RI No. 8 Tahun 1981, UU RI No. 2 Tahun 2002, UU RI No. 23 Tahun 2009 dan Peraturan Kapolri No. 9 Tahun 2012.

“Operasi Patuh Lodaya 2018 akan dilaksanakan selama 14 hari, mulai 26 April sampai dengan 9 Mei 2018 di seluruh wilayah hukum NKRI serentak,” jelasnya.

Adapun sasaran Operasi Patuh Lodaya 2018 adalah sepeda motor yang melawan arus, menyerobot lampu merah, pengendara yang menggunakan HP, pengendara SPM berboncengan lebih dari satu, pengemudi di bawah umur, pengemudi yang tidak membawa SIM/STNK, pengendara yang melebihi batas kecepatan, pengemudi dan penumpang tidak pakai helm, tidak memakai safety belt atau sabuk pengaman bagi kendaraan roda 4, serta kendaraan umum yang menaiki ataupun menurunkan penumpang tidak pada tempatnya.

“Saya mengimbau kepada masyarakat agar berdisiplin berlalu lintas, serta melengkapi surat-surat kendaraannya dan tertib dalam berlalu lintas,” pungkasnya.(Ymd/RJN)

Komentar

News Feed