Gempa Berkekuatan 7,3 SR Mengguncang Tasikmalaya dan Cilacap, Potensi Tsunami

oleh -

RakyatJabarNews.com, Tasikmalaya – Warga Jawa Barat dan sekitarnya digegerkan dengan gempa berkekuatan 7,3 skala Richter yang terjadi pada Jumat (15/12) 23.50 WIB. Pusat gempa diperkirakan berada di kedalaman 105 km barat daya Kabupaten Tasikmalaya.

Goyangan gempa juga sempat terasa di beberapa kota di Jawa Barat seperti Jakarta, Bandung, Cilacap, Tasikmalaya, Kuningan, Cirebon, dan kota-kota lain. Dampak yang paling terasa berada di pesisir selatan Pulau Jawa.

Berdasaran info resmi, BMKG sudah mengeluarkan peringatan dini Tsunami untuk wilayah Tasikmalaya dan Ciamis, Jawa Barat. Gempa yang mengguncang sepanjang pantai selatan Pulau Jawa ini juga menyebabkan kerusakan materil, terutama di wilayah Tasikmalaya.

“Terdapat rumah ambruk di daerah Tasikmalaya Selatan kecamatan Cikalong dan kecamatan Tibalong,” ucap Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan pers, Sabtu (16/12).

Gempa juga terasa di kawasan Cilacap, Jawa Tengah. Warga Cilacap Herni Sianipar mengatakan, gempa sangat terasa di tempat tinggalnya. Bahkan air laut terlihat sudah surut.

“Info Cilacap, laut sudah surut,” kata Henri.

Selain itu, Henri menambahkan, warga juga sudah berhamburan ke luar rumah. Warga memenuhi jalan-jalan utama Cilacap.(RJN)

Berita Rekomendasi

Comment