oleh

Dirjen Perkeretaapian Berikan Fasilitas Angkutan Motor Gratis Selama Mudik Lebaran

RakyatJabarNews.com, Jakarta – Pemilik angkutan sepeda motor yang ingin bermudik saat lebaran nanti, kini bisa menikmati pelayanan angkutan motor gratis (motis) yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan. Pada Angkutan Lebaran 2018 ini, PT KAI menyiapkan total kapasitas motor yang dapat diangkut dengan kereta api sebanyak 18.096 unit motor selama 13 hari mulai 8 Juni sampai dengan 25 Juni 2018.

VP Public Relations PT KAI Agus Komarudin dalam pers rilisnya (12/3) mengatakan, angkutan motis ini terbagi menjadi tiga relasi, yaitu relasi pertama, Lintas Utara (Stasiun Jakarta Gudang – Stasiun Surabaya Pasarturi (PP)). Relasi kedua, Lintas Selatan 1 (Stasiun Jakarta Gudang – Stasiun Kutoarjo (PP)). Dan relasi ketiga, Lintas Selatan 2 (Stasiun Jakarta Gudang – Stasiun Blitar (PP)).

“Total kapasitas tiket kereta bagi penumpang yang mengikuti angkutan motis sejumlah 67.818 tempat duduk,” terangnya.

Pendaftaran motis ini, lanjut Agus, terbagi menjadi empat cara. Yang pertama adalah pendaftaran secara online selama periode 9 Februari sampai dengan 24 Juni 2018 di website resmi mudikgratis.dephub.go.id.

Yang kedua adalah pendaftaran langsung di stasiun yang ditunjuk selama periode 9 Februari hingga 9 Mei 2018 (fasilitas tiket kereta ekonomi PSO dan kereta ekonomi non PSO). Dan juga dari awal penjualan tiket kereta tambahan sampai hari ke-30 penjualan kereta tambahan.

Adapun stasiun yang ditunjuk adalah St. Jakarta Kota, St. Bekasi, St. Jatinegara, St. Kemayoran, St Tangerang, St. Depok Baru, St. Bogor, St. Lemah Abang, St. Pasar Senen, St. Tanjung Priok, St. Bandung, St. Serpong, St. Cimahi, dan St. Kiaracondong.

Yang ketiga adalah pendaftaran langsung motor yang tidak difasilitasi pemesanan tiket dari tanggal 9 Mei sampai dengan 24 Juni 2018 (difasilitasi penjualan tiket KA Tambahan Lebaran sampai dengan H+30 dari awal penjualan tiket kereta tambahan Lebaran).

Stasiun-stasiun yang ditunjuk untuk cara yang ketiga ini adalah St. Jakarta Kota, St. Bekasi, St. Jatinegara, St. Kemayoran, St Tangerang, St. Depok Baru, St. Bogor, St. Lemah Abang, St. Pasar Senen, St. Tanjung Priok, St. Bandung, St. Serpong, St. Cimahi, dan St. Kiaracondong.

“Yang terakhir adalah pendaftaran langsung motor untuk contra flow/daerah selama periode 9 Mei hingga 24 Juni 2018 di stasiun persinggahan kereta motis di daerah,” terangnya.

Agus melanjutkan, tiket kereta penumpang untuk angkutan motor gratis tidak dapat dilakukan perubahan jadwal maupun dibatalkan. Penyerahan bukti pemesanan tiket dilakukan pada saat peserta angkutan motor gratis menyerahkan motor.

Adapun kereta-kereta penumpang yang mendukung angkutan tiket peserta motis adalah KA Progo, KA Harina, KA Tawang Jaya, KA Kutojaya Utara Tambahan Lebaran, KA Kertajaya Tambahan Lebaran, KA Kutojaya Utara, KA Kertajaya, KA Serayu Pagi, KA Serayu Malam, KA Brantas, KA Kahuripan, KA Bengawan, KA Pasundan, KA Pasundan Tambahan Lebaran, KA Kutojaya Selatan, KA Gaya Baru Malam Selatan, KA Matarmaja Tambahan Lebaran, dan KA Matarmaja.(Juf/RJN)

Komentar

News Feed