oleh

SLH Cirebon Cetak Duta Lingkungan Lewat Kompetisi Kreatif

RJN, Cirebon – Sanggar Lingkungan Hidup (SLH) Cirebon akan menggelar Kompetisi Kreatif Duta Lingkungan Sekolah (KKDLS) yang melibatkan seluruh Duta Lingkungan Sekolah (DLS) dari 100 sekolah di Pulau Jawa.

Untuk menjadi yang terbaik, peserta harus memiliki visi lingkungan seperti Energi Terbarukan, Pengelolaan Sampah, Kampanye Kreatif, Konservasi Lingkungan, dan Isu Perubahan Iklim.

Koordinator SLH Cirebon Cecep mengatakan, KKDLS adalah ruang diskusi dan inkubator ide untuk melahirkan duta kebersihan dan lingkungan hidup yang dilahirkan melalui kompetisi.

“Telah terselenggara sejak tahun 2015 dan merupakan tradisi sukses untuk melahirkan kader lingkungan yang penuh visi dan semangat milenial,” katanya, Kamis (5/9/2019).

Ia menyatakan, usia sekolah merupakan pengkaderan yang efektif karena mereka memiliki semangat yang besar dan dapat secara aktif mengkamanyekan Indonesia bersih.

“Sekolah dapat melahirkan remaja yang berkontribusi untuk Indonesia bersih dan mampu menjadi motor penggerak lingkungan berwawasan nasional bahkan mendunia,” imbuhnya.

Pemuda memiliki peran penting sebagai pelopor lingkungan dan menghasilkan karya yang memberikan nilai tambah bagi kehidupan. “Kami berharap kegiatan DLS yang diadakan keempat kalinya ini, bukan hanya memperkuat basis kesadaran lingkungan,” ungkapnya.

“Namun juga melatih dan mempersiapkan berbagai tindakan kreatif di beberapa kota di seluruh Pulau Jawa, dan kompetisi kreatif ini menular hingga menjadi gerakan nasional dapat membawa semangat yang sama di wilayah-wilayah lain,” pungkasnya.

(uan/rjn)

Komentar

News Feed