oleh

Dinas P2KP Gelar Lomba LCM B2SA

RakyatJabarNews.com, Cirebon – Pemerintah Kota Cirebon melalui Dinas Pangan, Pertanian, Kelautan dan Perikanan (P2KP) menggelar Lomba Cipta Menu Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (LCM B2SA) di halaman Grage City Mall Kota Cirebon, Jl. Jendral Ahmad Yani Kota Cirebon, Kamis (3/5). Lomba tersebut diikuti oleh ibu-ibu PKK dari 22 kelurahan di Kota Cirebon.

Kepala Dinas P2KP Dewi Maharani mengatakan, lomba LCM B2SA ini selalu rutin diadakan setiap tahun. Dan pemenangnya, akan dikirim ke Bandung untuk mewakili Kota Cirebon.

“Lomba ini diikuti oleh ibu-ibu PKK dari 22 kelurahan. Masing-masing tim terdiri dari 2 orang,” jelasnya saat ditemui awak media usai memberikan penghargaan kepada pemenang.

Maharani menjelaskan, B2SA ini adalah pengganti dari istilah 4 sehat 5 sempurna. Jadi, makanan-makanan yang dilombakan di sini adalah memenuhi aspek B2SA.

Dia melanjutkan, kegiatan yang hanya berlangsung satu hari ini menyajikan tiga menu, yakni menu sarapan, makan siang, dan makan malam. Untuk sarapan, dimasak dan dihidangkan di tempat lomba. Sedangkan untuk makan siang dan makan malam, dimasaknya di rumah. Hanya menghidangkannya saja yang dilakukan di tempat lomba.

“Penilaiannya berdasarkan keberagaman, nilai gizinya, dan tampilannya,” terangnya.

Dengan adanya kegiatan ini, dirinya berharap agar masyarakat lebih mengenal menu B2SA, dan juga lebih kreatif falam menghidangkan menu-menu.

Sedangkan menurut salah satu juri lomba, Chef Ramli, yang dilombakan dalam kegiatan tersebut adalah makanan-makanan untuk gaya hidup sehat, serta memanfaatkan bahan-bahan pokok di sekitar.

“Dengan adanya makanan etnik ini, bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Karena itu, perlu digalakkan menu tradisional yang berasal dari kebon untuk menangkal segala macam penyakit kanker penuaan dini,” pungkas chef yang tergabung dalam Ikatan Chef Indonesia untuk Ciayuamajakuning ini.(Juf/RJN)

Komentar

News Feed