oleh

Aher: Pertumbuhan Ekonomi di Jawa Barat Cukup Tinggi

RakyatJabarNews.com, Cirebon – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan bahwa berdasarkan data terakhir tahun 2016 pertumbuhan ekonomi Jawa Barat termasuk salah satu yang tertinggi yakni 7,74%. Sedangkan untuk Kota Cirebon 9,73%, Kabupaten Cirebon 13,49%, Kabupaten Majalengka 12,35%, dan Kabupaten Kuningan 13,59%.

Hal tersebut diungkapkannya dalam pembagian sertifikat tanah kepada 3000 warga yang berasal dari Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Majalengka, dan Kanupaten Indramayu di Gedung Pertemuan The Radiant Kabupaten Cirebon, Minggu (11/3).

Dia mengatakan, dengan diberikannya sertifikat tanah melalui program legalisasi bertujuan agar warga bisa menggunakannya sebagai peluang akses pembiayaan keuangan bila itu diagunkan, kemudian dengan begitu bisa menciptakan lapangan usaha sehingga meningkatkan taraf ekonomi warga Jawa Barat.

“Adanya sertifikat itu gunakan sebaik mungkin dan manfaatkan progran yang ada sehingga masa depan anak cucu kita lebih baik lagi dari pada sekarang,” terang Aher sapaan akrabnya.

Sedangkan Presiden RI Joko Widodo mengatakan, target sebanyak 126 juta sertifikat tanah harus diselesaikan, namun hingga tahun kemarin baru mencapai 51 juta sertifikat. Dirinya telah memerintahkan kepada BPN agar di tahun sekarang sebanyak tujuh juta sertifikat harus keluar dan ditahun mendatang sekitar sembilan juta sertifikat.

Sedangkan untuk wilayah Jawa Barat ditargetkan pada tahun 2023 harus rampung semuanya. Tujuan dari pemberian sertifikat tanah secara gratis ini guna mencegah adanya permasalahan sengketa tanah.

“Tolong jaga sertifikat tanah ini jangan sampai rusak, kalau bisa fotocopy kalau misalkan hilang masih ada cadangannya. Dan juga bila memang sertifikat ini mau di ‘sekolahkan’ tolong pakai uangnya dengan sebaik mungkin agar bisa bermanfaat dikemudian hari,” terangnya.

Sedangkan Kepala BPN Sofyan Djalil menambahkan total sebanyak 9810 sertifikat tanah akan diberikan kepada warga Ciayumajakuning. Sedangkan yang hadir ditempat ini hanya 3000 warga, maka sisanya 6810 akan segera didistribusikan kepada masing-masing daerah melalui Kanwil BPN. Disebutkan pula ditahun kemarin BPN sudah mendistribusikan 592.000 sertifikat kepada warga Jawa Barat.

Dia menjelaskan total target di tahun 2018 ini sebanyak satu juta sertifikat tanah keluar untuk Provinsi Jawa Barat. Dia berharap mudah-mudahan target ini bisa terealisasikan, dan ditahun 2023 mendatang apa yang dicanangkan oleh Pak Jokowi bisa tercapai.

“Mudah-mudahan seluruh tanah di Jawa Barat bisa segera bersetifikat,” pungkasnya.(Juf/RJN)

Komentar

News Feed