Satpol PP Kembali Lakukan Pembongkaran PKL di By Pass

oleh -

RakyatJabarNews.com, Cirebon – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Cirebon kembali melakukan penertiban pedagang kaki lima (PKL) yang ke-4 setelah sebelumnya di Jl. Pemuda, yakni di daerah Jl. Brigjen Dharsono (By Pass), tepatnya di dekat lampu merah Pemuda, samping pom bensin depan Lotte Mart, Jumat (24/11). Adapun lapak-lapak yang dibongkar adalah warung-warung dan tambal ban.

Menurut Kasidaops Satpol PP Kota Cirebon Herbinawan, meskipun melakukan pembongkaran, namun penertiban ini sangat mengedepankan humanisme, bekerja keras, bekerja tuntas, dan ikhlas. Karena, para PKL juga adalah saudara.

“Kami diperintahkan oleh atasan untuk tidak melakukan tindakan arogan dan anarkis. Karena PKL adalah saudara kita. Mereka membutuhkan makan dan minum untuk keluarga,” jelasnya saat ditemui awak media ketika pembongkaran di lokasi.

Herbinawan menambahkan, bahwa pihaknya sudah mengirimkan hingga Surat Peringatan ketiga kepada para PKL untuk membongkar lapaknya. Namun, sebagian ada yang membongkar sendiri dan ada yang tidak. Begitu petugas datang, para PKL langsung membongkar sendiri. Sisanya dibongkar oleh petugas Satpol PP.

“Hasil pembongkaran sudah mencapai 97%. Para PKL sudah meninggalkan lapaknya, dan bergeser ke arah kiri. Mereka berjanji untuk tidak membuka lagi di daerah yang melanggar ketertiban umum,” tuturnya.

Adapun jika para PKL ini ingin mengambil kembali lapaknya yang sudah diamankan oleh petugas Satpol PP, mereka wajib membawa KTP dan surat bermaterai. Dan mereka juga diminta untuk tidak membuka lapak lagi ditempat yang dilarang.

“Upaya selanjutnya, kami akan sering patroli dan memberikan penyuluhan serta pengertian bahwa PKL harus berjualan di tempat yang tidak melanggar ketertiban umum,” pungkasnya.(Juf/RJN)

Berita Rekomendasi

Comment