Pemkota Cirebon Alami Kendala Soal Vaksinasi Lansia, Simak Lebih Lengkap

oleh -
banner 120x600

rakyatjabarnews.com, Cirebon – Pemerintah Kota Cirebon mengalami kendala dalam melaksanakan vaksinasi Covid-19 untuk kategori lannjut usia (lansia). Bahkan lansia yang sudah divaksin belum mendekati target yang ditetapkan Satgas Covid-19 Kota Cirebon.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Drs Agus Mulyadi MSi menjelaskan, bahwa target vaksinasi kategori lansia mencapai 36 ribu orang.

“Target yang ditentukan itu 36 ribu orang, namun yang sudah divaksin baru 25 persennya,” ujar Agus, Jumat (28/5) siang, di balaikota Cirebon.

Agus juga mengungkapkan, kendala yang dialami di lapangan, karena kurangnya animo lansia untuk datang ke lokasi vaksin. Sehingga perlu adanya solusi agar vaksinasi bisa mencapai target.

“Tidak banyak lansia yang datang secara mandiri ke lokasi vaksinasi. Perlu ada tim khusus yang mendatangi kediaman lansia agar membujuknya untuk ke lokasi vaksin,” ujar dia.

Selain minim animo, Agus juga mengakui, distribusi vaksin untuk lansia juga belum stabil. Bahkan vaksinasi ke pelayanan publik dihentikan sementara karena hampir selesai. Sehingga bisa fokus ke lansia.

“Vaksinasi pelayanan publik sudah hampir selesai, tapi kita hentikan dulu agar fokus vaksinasi ke lansia,” kata dia.

Sementara, saat ini Kota Cirebon ditetapkan sebagai daerah zona resiko tinggi penularan Covid-19 oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Karena sepekan setelah libur Idulfitri lalu mengalami kenaikan kasus Covid-19.

Sedangkan total pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai 5.572 orang. Sebanyak 4.910 pasien berhasil sembuh, 208 pasien meninggal dunia. Selebihnya masih menjalani isolasi mandiri dan perawatan.

(red)

Comment