oleh

Kadinkes Cirebon Tegaskan Informasi Viral Belakangan Ini Hanya Hoax

RJN, Cirebon– Setelah Kepala Bidang P2P Nanang Ruhyana kini Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon tegaskan bahwa hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh Kepala UPT Puskesmas Waled menyatakan tidak ada penyebaran HIV melalui Cek Darah di Wilayah Kecamatan Waled Kabupaten Cirebon Provinsi Jawa Barat, Kamis (16/8/2018).

Inilah hasil pemerikasaan lapangan yang di lakukan oleh pihak Puskesmas Waled akan kebenaran berita yang viral di media sosial dimana ada pemeriksaan darah oleh pihak luar tenaga kesehatan dari rumah ke rumah (Red.door to door).

Kepala Puskesmas Waled, dr. H Sudaryanto melakukan pemerikasaan internal kepada 2 Bidan Desa yaitu Bidan Eti yang bertugas di Desa Waled Asem dan Bidan Putri yang bertugas di Desa Mekarsari kecamatan Waled Kabupaten Cirebon.

“Mereka (Red.Bidan Desa) menerima laporan dari Kader bahwa di desanya ada pemeriksaan darah pada masyarakat oleh pihak luar,”paparnya.

Dokumen.

Sedangkan pihak luar yang diperiksa oleh Kepala Puskesmas Waled di mulai dari Kuwu Waled Asem, YN dan Kader Desa Waled Asem yang bernama Ibu EL dimana dari hasil keterangan pemerikasaan keduanya membenarkan telah terjadi pemeriksaan darah oleh pihak luar pada waktu 2 minggu yang lalu dan melaporkan kepada Bidan Desa juga kepada Kuwu.

Masih menurut pemeriksaan yang dilakukan oleh Kepala Puskesmas Waled bahwa sasaran pemerikasaan di Desa Waled Asem, kepada Kader dan masyarakat dengan melakukan pemerikasaan darah yang menceritakan bahwa pemerikasaan darah oleh pihak luar menggunakan alat elektronik dengan cara menyentuhkan kepada salah satu anggota tubuh (Red.Jari) dan hasil pemeriksaan tersebut muncul pada monitor.

Sehingga kesimpulan yang diperoleh oleh Kepala Puskesmas Waled adalah pemeriksaan tidak melakukan pengambilan specimen darah melainkan melalui alat elektronik dengan menyentuhkan anggota tubuh yaitu jari,” kata Hj. Eni Suhaeni kepada rakyatjabarnews.com. (ymd/RJN)

Komentar

News Feed