Dari Era 1970 Desa Panambangan Bergelut Pembibitan Jenis Pohon

oleh -

RakyatJabarNews.com, Cirebon-.Pembangunan tidak melulu tentang infrastructure namun diperlukan keseimbangan agar terjaga kelestarian alam, areal hutan yang dahulu dipenuhi berbagai macam pepohonan nan luas kini sudah beralih fungsi menjadi pemukiman padat penduduk.

Adalah Sukardi 72 tahun (Red.Kakek) warga Desa Panambangan Kecamatan Sedong Kabupaten Cirebon Provinsi Jawa Barat, dari era Tahun 1970 an sudah bergelut dengan pembibitan berbagai jenis pohon untuk ditanam dilahan kritis milik Pemrintah maupun di lahan milik masyarakat diberbagai peloksok Kabupaten Cirebon.

“Sudah banyak lahan kritis di Kabupaten Cirebon kini sudah mulai subur dan menghijau oleh pohon pohon bernilai ekonomis, dari mulai ujung barat hingga cirebon timur kami bagikan ke masyarakat agar ditanam secara gratis,”.ungkap Sukardi pada saat ditemui dilokasi penyemaian bibit pohon milik Kelompok Tani Bina Harapan, dibilangan Bantaran Sungai Cimanis Desa Panambangan, Kecamatan Sedong, Sabtu (11/8/2018).

Lebih lanjut Sukardi menjelaskan proses pembibitan yang dilakukan oleh kelompoknya merupakan program yang digulirkan oleh Cabang Dinas Kehutanan Wilayah VIII Jawa Barat.

“Kami mengajukan kepada Dinas terkait untuk program pembibitan pohon dan itu sudah berlangsung lama terjalin kemitraan antara kelompok tani dengan Cabang Dinas Kehutanan Jawa Barat,”paparny.

Masih menurut Sukardi sudah lebih dari 30 tahun dirinya bergelut dalam pembibitan pohon dan sudah puluhan kali juga melakukan pembibitan pohon untuk di sebarkan secara gratis, baik pada masyarakat sekitar maupun di sebar ke berbagai Desa yang ada di bawah naungan Cabang Dinas Kehutanan Wilayah VIII Jawa Barat.

“Yang kami semai ini sekarang bibit pohon sengon dan bibit pohon jati baru satu bulan berjalan, adapun hasilnya nanti untuk disebarkan kepada masyarakat yang ada di kecamatan Sedong saja. Karena sekarang sudah ada 3 titik pembibitan, di Ciledug dan dukuhpuntang,”paparnya.

Ditambahkan Sukardi jika dihitung hitung maka sudah ratusan ribu bibit pohon yang sudah berhasil disebarkan selama 30 tahun terakhir. Tentu ini berkat kerja keras dan ulet dari seluruh anggota kelompok tani.

“Alhamdulillah kami dipercaya oleh pemerintah dalam bekerja sama pembibitan pohon, bahkan sampai 2 kali mendapatkan penghargaan dari Provinsi sebagai juara hutan rakyat,”paparnya.

Sukardi berharap masyarakat yang menerima bibit pohon baik sengon maupun jati dapat merawatnya, agar bermanfaat baik ekonomi maupun sebagai pungsi resapan air,” pungkasnya.(ymd/RJN)

Berita Rekomendasi

Comment