Polres Subang Ciduk Empat Pelaku Pencuri

  • Whatsapp

Empat pelaku pencuri dengan pemberatan berhasil diamankan oleh jajaran Reskrim Polres Subang. Keempat pelaku yang diamankan yakni YM (18), YT (35), DS (21), dan CT (22). Semua pelaku merupakan warga Subang.

Adapun modus operandi pelaku masuk kedalam rumah dengan cara mencungkilnya menggunakan sebuah obeng lalu masuk melalui jendela dan pintu rumah korban yang sedang dalam keadaan sepi.

“Kemudian pelaku masuk lalu mengambil barang milik korban,” kata Kapolres Subang AKBP. Teddy Fanani, didampingi Kasat Reskrim AKP. M. Ilyas Rustiandi, S.H. dalam konferensi, Rabu (23/10/2019).

Menurut Kapolres, kronologi kejadian pada hari Senin tanggal 7 oktober 2019 sekitar 01.00 WIB pelaku dengan menggunakan 1 unit mobil Honda Brio warna silver dengan nomor polisi T 1591 TU yang merupakan mobil rental, menuju lokasi pencurian yang dinilai cocok untuk dijadikan sasaran.

“Sesampainya di lokasi sasaran kemudian YM turun dari mobil lalu menuju rumah, sementara YT dan AS DPO menunggu di mobil untuk mengawasi stuasi sekitar. Lalu MY masuk kedalam rumah tersebut dengan cara mencongkel jendela depan rumah menggunakan sebuah obeng,” paparnya.

Setelah kunci jendela terbuka kemudian membuka jendela terbuka kemudian membuka jendela dan masuk kedalam rumah korban lalu masuk kamar yang ada di tengah rumah dan mengambil 3 buah handphone di dalam kamar tersebut.

“Kemudian YM pergi keluar melalui jendela yang sama untuk pergi menuju mobil dan pergi bersa YT dan AS,” katanya.

Dari hasil pengembangan dari pengakuan tetsangka YM dirinya mengaku pernah melakukan pencurian serupa di wilayah Kabupaten Subang tepatnya di Kp. Tanjung Wangi RT 5/2 Desa Tanjung Wangi, Kecamatan Cijambe, Kabupaten Subang dan Kp Tambakan RT 8/2 Desa Tambakan Kecamatan Jalancagak, Kabupaten Subang.

“Selain itu pelaku juga merupakan pelaku pencurian sepeda motor dibeberapa TKP lainnya di luar wilayah hukum Polres Subang dengan pelaku yang berbeda,” katanya.

Barang bukti yang di amankan 2 HP merk OPPO dan merk Himax, 1 buah obeng, 1 buah unit kendaraan R4 merk Honda Brio warna Silver nomir polisi T 1591 TU, 1 buah laptop dana berbagai perhiasan emas. Serta 1 buah linggis ukuran 40 cm, 1 unit TV merk Samsung 29 inch, 3 buah gas 3 kg, 1 unit playtasion II dan 1 buah sepeda.

“Pelaku ada yang belum tertangkap sebagai DPO atasnama Inisial AS umur 30 tahin laki-laki alamat Kabupaten Subang sebagai pemeran mengawasi siruasi sekitar lokasi pencurian, serta pasal yang di sangkakan kepada para pelaku disangkakan mepakukan pencurian dengan pemberatan sebagai mana di atur dalam pasal 363 KUH pidana dengan ancaman hukuman paling lama 7 tahun penjara,” pungkasnya.

(red/rjn)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *