oleh

Pingin Pacu Adrenalin Saat Libur Lebaran? Cobain Tantangan di Cikadongdong River Tubing

RJN, Majalengka – Belum pas rasanya berlebaran jika tak diisi dengan liburan bersama keluarga. Salah satu destinasi wisata yang bisa menjadi pilihan ada di Kabupaten Majalengka yang memang terkenal dengan ragam wisata alamnya.

Salah satunya adalah wisata air yang tergolong cukup beragam, mulai dari curug, danau dan tentu saja yang tak kalah popular di Jawa Barat yaitu objek wisata River Tubing Cikadongdong di Desa Payung, Kecamatan Rajagaluh, Kabuaten Majalengka.

Objek wisata river tubing merupakan wisata air yang cuku memacu adrenalin. Letaknya sekitar 35 kilometer dari pusat kota Majalaengka dan untuk mencapainya tak perlu khawatir karena ditunjang akses jalan yang mulus dan dapat ditempuh dengan waktu kira-kira 1 jam.

Tak ada tiket masuk untuk bisa ke tempat ini alias gratis. Namun, untuk bermain River Tubing dibanderol Rp30.000 per orang saat akhir pekan dan Rp25.000 per orang saat hari biasa. Namun harga ini sewaktu-waktu bisa berubah.

Pengelola wisata Cikadondong River Tubing, Egi Friyadi mengatakan, dirinya tidak menduga kalau objek wisata yang dikelolanya akan masuk nominasi API kategori wisata. Dirinya berharap objek wisatanya bisa semakin banyak dikunjungi agar wilayahnya semakin ramai dikenal banyak orang.

“Bersyukur Cikadondong River Tubing bisa masuk nominasi,” ungkap Egi.

Objek wisata ini berada di kaki Gunung Ciremai, yaitu sungai Cikadongdong yang mengalirkan air yang sangat jernih meski di musim penghujan karena airnya berasal dari sumber mata air. Musim kemarau pun air mengalir deras sehingga pengunjung wisata bisa tetap melakukan river tubing.

Meski termasuk kategori wisata extreme, dan arus air yang lumayan deras dengan lintasan berliku berbatu dan banyak jeram. Namun jangan khawatir, selain ditunjang oleh perlengkapan savety seperti helm dan body protector pengunjung juga dipandu oleh ahli serta ada tim yang berjaga di spot-spot jeram.

Wisata air di Cikadongdong ini akan lebih menarik dibanding wisata air lainnya, 0selain udara khas pegunungan yang dingin, air yang jernih juga asri. Di sepanjang aliran sungai dipenuhi pepohonan yang sangat rimbun hampir menutupi seluruh area sungai. Malah di beberapa titik nyaris tak ada sinar matahari yang masuk ke area sungai.

Objek wisata air River Tubing Cikadongdong juga masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2019, namun kalah dengan wisata Paralayang Bukit Panten.

Menurut keterangan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Majalengka Gatot Sulaeman, pihaknya mengajukan sejumlah objek wisata untuk dinilai oleh tim penilai API tahun 2019 ini.

Di antaranya objek wisata alam terasering Panyaweuyan di Kecamatan Argapra, Cikadongdong di Desa Payung, objek wisata alam Gunung Karang di Blok Pancurendang landeuh, Keluarahan Babakanjawa, Kecamatan Majalengka dan sejumlah objek wisata lainnya.

“Kemarin informasi yang diterima ternyata objek wisata river tubing yang masuk nominasi, kemungkinan itu kategorinya wisata air,” ungkap Gatot.

Wisata air river tubing yang baru berdiri beberapa tahun terakhir ini kunjungan wisatanya semakin banyak. Pengunjungnya tidak hanya datang dari wilayah Majalengka namun kabupaten tetangga bahkan wilayah Jawa Barat dan luar Jawa Barat.

Bagi anda para pehobi traveling, Cikadongdong river tubing sangat rekomendasi sekali sebagai pilihan berlibur bersama keluarga, termasuk di momen libur panjang Lebaran seperti sekarang.

(kii/rjn)

Komentar

News Feed