oleh

Parah, Lokasi Galian Tanah Merah Libur Saat DPRD Kabupaten Cirebon Kunker

RakyatJabarNews.com, Cirebon– Panas Terik yang disertai debu tidak menyurutkan langkah dari Para Anggota Legislator yang tergabung dalam Komisi 1 dan Komisi 3 DPRD Kabupaten Cirebon, mengujungi Lokasi Galian yang di duga telah melewati luas lahan yang di ijinkan oleh Instansi terkait. Adalah Lokasi Galian Tanah Merah milik salah seorang pengusaha lokal asal Desa Cipeujeh Kulon Kecamatan Lemahabang yang menambang di wilayah Desa Cipeujeh Wetan.

Kekecewaan nampak di raut wajah para Legislator yang sengaja meninjau lokasi galian tanah merah yang tidak ada aktivitas apa pun ditambah lagi pengusaha tidak ada ditempat serta tidak bisa dihubungi.

Menurut Ketua Komisi 3 DPRD Kabupaten Cirebon, walaupun kurang sehat namun sengaja mendatangi lokasi namun pengusaha galian seolah menghindar. Kamis (2/8/2018).

“Ini seperti kucing kucingan, kami datangi namun usaha galian mendadak libur”.

Sedangkan menurut Wakil Ketua Komisi 1 DPRD Kabupaten Cirebon, Aan Setiawan mengatakan sangat kecewa, padahal kunjungan kerja ini untuk mengklarifikasi tentang tanah Kas Desa yang sudah di gali namun tidak jelas.

“Ini kan mau klarifikasi infonya yang sudah keluar itu 7 Hektar padahal dalam ijin hanya 6.4 Hektar, infonya ada tanah titisara yang sudah di gali 0.6 hektar,”tuturnya.

Masih menurut Aan dirinya sempat keras berbicara namun pihak Desa mengaku tidak ada tanah titisara yang di gali. Harus di cari kebenarannya biar clear. Sedangkan menurut Kabid Lingkungan Hidup, dirinya baru tahu jika ada galian tanah merah di Cipeujeh Wetan.

“Kami baru kesini dan baru tahu ada galian tanah merah disini, nanti akan kordinasi dengen instansi yang lain”.

Sedangkan menurut Kabid Pol PP Kabupeten Cirebon, Sisyanto mengatakan jika dirinya tidak segan segan menutup lokasi galian yang menyalahi aturan.

“Kami dari Pol PP Kabupaten sedang menunggu pelimpahan kewenangan dari Pol PP Provinsi, kami tidak segan untuk menutup galian yang melanggar,”tegasnya.(ymd/RJN)

Komentar

News Feed