Parah, 33 Orang Meninggal Setiap Hari Akibat Narkoba

oleh -
banner 120x600

RakyatJabarNews.com, Cirebon – Permasalahan narkoba memang tiada habisnya. Parahnya, setiap hari ada sekitar 33 orang meninggal karena penyalahgunaan narkoba. Jelas kondisi ini sangat memprihatinkan, apalagi bagi generasi penerus bangsa.

Hal tersebut diungkapkan oleh Yusdian Abdi S.Sos dalam acara Sosialisasi bidang P4GN di hadapan 200 murid SMP IT Al-Multazam Kabupaten Cirebon yang bertempat di Pesanggrahan Goa Sunyaragi, Jl. Brigjen Dharsono, Kota Cirebon hari Senin (2/10). Acara tersebut sendiri dimulai pukul 10.00 WIB.

Dia melanjutkan bahwa menurut Presiden RI Joko Widodo, Indonesia darurat narkoba pada tahun 2015.

“Pada tahun 2015, Presiden Jokowi menyatakan Indonesia darurat narkoba. Dan sampai sekarang status itu belum dicabut,” jelasnya.

Karena statusnya itu, pemerintah selalu berusaha memerangi narkoba. BNN dan Polri setiap harinya menangkap para pelajar yang merupakan pemakai atau pecandu narkoba. Jelas ini suatu fakta yang mencengangkan bagi bangsa Indonesia.

Yusdian melanjutkan, para pengguna narkoba dari kalangan bukan pelajar berkisar 19%, kalangan pelajar berkisar 25%, dan pekerja swasta serta pemerintahan sebesar 56%.

Tingginya pengguna narkoba di kalangan pelajar karena pada usia segitu, rasa keingintahuannya begitu tinggi. Remaja selalu ingin mengetahui hal-hal baru.

“Banyaknya pelajar yang jadi korban atau pemakai, karena tingkat rasa ingin tahunya tinggi. Jadi, mereka mudah terpengaruh untuk coba-coba,” tuturnya.

Jenis narkoba yang paling banyak diketahui sekarang oleh pelajar adalah ganja, heroin, sabu, dextro. Sedangkan jenis narkoba paling banyak dikonsumsi oleh kalangan pelajar adalah pil dextro, sabu, tembakau gorila, ekstasi.

Sedangkan jenis narkoba yang paling baru beredar di kalangan pelajar adalah permen superman, brownies yang di dalamnya terdapat bahan ganja dan pil dextro.

Menurut Yusdian, efek narkoba dapat menyebabkan kerusakan pada otak, jadi habitual, kecanduan, dan halusinasi.

“Saya berpesan agar pelajar jangan mau coba-coba. Pintar-pintarlah dalam memilih teman dan selalu waspada,” pesannya di hadapan para siswa.(Juf/RJN)

 

Redaksi menerima kiriman berita/artikel/video/foto amatir melalui email rakyatjabarnews@gmail.com, disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/artikel/video/foto akan melalui proses moderasi.

Comment