oleh

Persiapan Asian Games, 16 Pebasket Putri Jalani Latihan Teknik dan Fisik

RakyatJabarNews.com, Cirebon – Sekitar 16 atlet putri yang tergabung dalam pelatnas bola basket terus memantapkan diri berlatih konsep teknik di pusat pelatihan Generasi Muda Cirebon (GMC) Arena, Kota Cirebon. Pelatihan tersebut tak lain adalah dalam menyambut datangnya Asian Games pada Agustus mendatang.

Menurut Assiten Coach Timnas Basket Putri Meldi, atlet timnas bola basket putri sedang difokuskan latihan strategi sistem offense dan defense selama dua minggu ini.

“Jika para pemain sudah mulai paham dengan konsep dan filosofi materi yang disampaikan oleh pelatih, selanjutnya akan digenjot mental dan fisik para atlet,” jelasnya saat ditemui awak media, Rabu (25/4).

Meldi melanjutkan, kekurangan dari tim ini salah satunya terletak pada fisiknya. Karena sebagian besar pemain baru selesai mengikuti ajang turnamen Srikandi Cup. Jadi, mereka punya jeda waktu hanya satu hari untuk istirahat.

Latihan selama dua minggu, lanjutnya, para atlet bola basket putri dilatih teknik dan strategi. Di pagi hari, pemain akan belajar tengang konsep offense untuk pola penyerangan. Sementara di malam hari, untuk belajar defense pola bertahan.

“Setelah pemantapan teori, baru para atlet akan digenjot kemampuan fisiknya hingga dua minggu sebelum lebaran,” katanya.

Kendala dari para atlet nasional bola basket putri itu karena ada sebagian atlet yang harus beradaptasi dengan pola permainan. Kendati demikian, pada umumnya mereka mudah mengikuti instruksi pelatih karena sebagian besar pemain lama.

“Eks pemain Sea Games perlu adaptasi. Tapi secara keseluruhan mereka cepat menerima arahan dari pelatih,” paparnya.

Sedangkan menurut Kapten Timnas Indonesia Basket Putri Henny Sutjiono, di hari kedua latihan para atlet baru kumpul semua. Latihan awal masih fokus membahas teknik-teknik yang perlu diajari. Menurutnya, tidak ada kendala dengan dipilihnya GMC Arena sebagai pusat pelatnas. Hanya saja, cuaca di Cirebon cukup panas sehingga butuh adaptasi.

“Dua hari latihan ini kami banyak bahas soal teknik yang perlu dipelajari. Rata-rata atlet bermain di Srikandi Cup, kemudian langsung TC lagi. Cuaca di Cirebon panas, tapi sekarang sedang mendung,” pungkasnya.(Juf/RJN)

Komentar

News Feed