Komnas HAM Koordinasi Lebih Awal dengan KPU

  • Whatsapp

RakyatJabarNews.com, Bekasi – Guna memastikan hak pilih warga Kota Bekasi terpenuhi saat Pilkada 2018 mendatang, Komisi Nasional Hak Asasi Manusia atau Komnas HAM lakukan koordinasi lebih awal dengan Komisi Pemilihan Umum Kota Bekasi.

Sub Komisi Pemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM, Endang Sri Melani mengatakan koordinasi tersebut dilakukan lebih awal agar apa yang menjadi hambatan dari KPU untuk mengakomodir hak pilih warga bisa disampaikan kepada pihaknya.

Bacaan Lainnya

“Kira-kira apa yang menjadi hambatan itu bisa disampaikan, agar kita koordinasi lebih intensif lagi dan tadi fokus kita memang lebih kepada hak memilih dan dipilih. Jadi supaya semua warga negara itu terakomodir hak pilihnya,” kata Endang usai melakukan koordinasi dengan KPU, Rabu (12/7/2017)

Warga yang harus terakomodir hak pilihnya itu kata Endang terutama adalah untuk kaum disabilitas, warga binaan dan pasien rumah sakit. “Itu jangan sampai tidak terpenuhi hak-haknya dan mungkin ini akan menjadi konsen dari KPU sendiri pada saat pendataan sudah dimulai dan kita hanya memastikan dan memperkuat,” imbuhnya.

Saat ini kata Endang yang menjadi hambatan adalah tidak diberlakukannya lagi TPS keliling. Sedangkan fakta dilapangan menunjukkan bahwa warga yang berada di Rumah Sakit atau tahanan cukup banyak jumlahnya. Untuk itu ia mengharapkan diberikan solusinya.

“Jalan keluar yang disarankan pemerintah adalah mendapatkan (mendatangi) TPS terdekat, tapi kita tahu untuk yang berada di rumah sakit tidak semua orang bisa mengakses TPS terdekat, ataupun keluar dari rumah sakit, karena ada yang diinpus, tidak bisa berjalan, atau lain sebagainya, nah,  itu tetap perlu diberikan jalan keluar agar hak pilih mereka terakomodir,” jelas Endang.

Sementara itu, Divisi Perencanaan Keuangan dan Logistik KPU Kota Bekasi, Kanti Prajogo mengatakan terkait koordinasi yang dilakukan, pihaknya menjelaskan pada Komnas HAM bahwa tahapan Pilkada baru akan dimulai pada bulan September.

“Tapi persiapan-persiapan yang mengarah kesana sudah kita siapkan yakni untuk memfasilitasi semua hak pilih dengan sebaik-baiknya. Dan ini tentu mendapatkan juga dukungan dari masyarakat sehingga kita juga  melaksanakan berbagai sosialisasi yang sekarang sudah kita laksanakan,” ujar Kanti. (ziz/rjn)

Pos terkait

Comment