oleh

Kapolda Bagi Sarung, Ini Kesan Singkat Marbut Garut

RakyatJabarNews.com, Garut – Masih ingat dengan Yuyu Ruhiyana, marbut Masjid Agung Istiqomah di Garut, yang ditahan di Polda Jawa Barat karena ulahnya merekayasa sebagai korban penganiayaan.

Warga Jalan Cigodeg, Pameungpeuk, Kabupaten Garut itu bertemu dengan Kepala Kepolisian Daerah Jawa Barat, Irjen Pol Agung Budi Maryoto, sehari menjelang bulan Ramadan 2018, tepatnya Rabu, 16 Mei 2018.

Ini untuk kedua kalinya bagi marbut Yuyu bertemu dengan Kapolda Jabar, pertama saat dirinya memeragakan aksi rekayasa yang dilakukan sebagai korban penganiayaan di dalam masjid.

Pada pertemuan kedua kalinya ini, Yuyu tidak sendiri, melainkan bersama penghuni tahanan lain di Mapolda Jabar.

Sejumlah tahanan, seperti kasus kejahatan umum (curas,curat,curanmor), penipuan dan narkoba dikumpulkan secara simbolis untuk menerima bingkisan dari jenderal bintang dua tersebut.

Pada pertemuan singkat kedua kalinya ini, marbut yang bekerja sebagai buruh tani ini mengucapkan terima kasih atas pemberian sarung.

Dirinya berharap dengan pemberian sarung, seluruh tahanan bisa melaksanakan ibadah dengan baik.

“Saya berharap agar seluruh tahanan bisa beribadah dengan baik, khususnya di bulan puasa ini,” paparnya.

Kapolda memberikan bingkisan berupa kain sarung kepada Yuyu dan tahanan lainnya menjelang bulan puasa. Pemberian kain sarung ini, kata Agung untuk memberikan tahanan dorongan doa, agar tabah dan ikhlas dalam menjalani masa penahanan.

“Kami melakukan pembinaan keagamaan kepada para tahanan,” jelasnya di sel tahanan Mapolda Jabar, Rabu, 16 Mei 2018.

Kabid Humas Polda Jabar, AKBP Trunoyudo Wisnu Andiko menambahkan, bahwa pemberian sarung untuk tahanan ini, sebagai bagian dari pembinaan iman dan taqwa.

Namun, kain sarung ini tidak diperbolehkan dibawa para tahanan, melainkan sarung dikumpulkan di petugas Tahti, yakni petugas yang bertanggung jawab mengurus tahanan dan barang buktinya.

“Nantinya para tahanan bila menggunakan sarung harus melalui tahti, ketika akan ibadah dan dapat juga diberikan lagi ke keluarganya ketika nanti merayakan idul fitri,” jelasnya.(red/RJN)

Komentar

News Feed