oleh

Jalur Rel Kereta dari Cirebon Menuju Tegal dan Purwokerto atau Sebaliknya Lumpuh Total

RakyatJabarNews.com, Cirebon – Kedua jalur rel kereta, baik dari Cirebon menuju Tegal dan Purwokerto maupun sebaliknya, mengalami lumpuh total akibat luapan banjir, Jumat (23/2). Adapun daerah yang terdampak adalah jalur antara Stasiun Ciledug dan Stasiun Ketanggungan yang berada di jalur selatan, serta antara Stasiun Tanjung dan Stasiun Losari di jalur Utara.

Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon Krisbiyantoro mengatakan, luapan banjir awalnya berasal dari sungai Cisanggarung dan merendam jalur di antara Stasiun Ciledug dan Stasiun Ketanggungan pada Jumat dini hari. Sehingga, jalur kereta api dialihkan ke jalur utara melewati Tegal, Slawi, hingga Prupuk.

“Jalur hilir dan hulu sudah terendam banjir dengan ketinggian yang tidak bisa ditolerir. Sehingga jalur lintas selatan yang melewati Ciledug-Ketanggungan harus dialihkan,” ungkapnya saat ditemui awak media di Stasiun Cirebon, Jl. Siliwangi Kota Cirebon, Jumat (23/2).

Namun, sekitar pukul 11.30 WIB, di jalur utara, tepatnya di antara Stasiun Tanjung dan Stasiun Losari, luapan air mulai merambah dengan ketinggian air sekitar 40 cm di km 185+5 sampai dengan 186+6. Sehingga, kedua jalur mengalami lumpuh total.

Kris melanjutkan, dengan kelumpuhan total akibat banjir ini, maka semua perjalanan kereta api ini diberhentikan, termasuk yang tadi dialihkan ke jalur utara yang dari jalur selatan. Adapun total kereta yang melalui jalur lintas selatan sebanyak 46 kereta api, dan jalur lintas utara sebanyak 84 kereta api.

“Dengan kondisi banjir ini, kami PT KAI khususnya Daop 3 Cirebon, mohon maaf atas masalah yang terjadi. Kita hanya bisa menunggu kuasa Allah, semoga cepat surut,” pungkas Kris.(Juf/RJN)

Komentar

News Feed