Jalur Pantura Indramayu, Mulai Dipadati Ribuan Pemudik Sepeda Motor

oleh -
banner 120x600

RakyatJabarNews.com – Arus mudik di Jalur Pantura Kabupaten Indramayu pada H-4 Idul Fitri masih didominasi oleh sepeda motor sejak Selasa (21/6) pagi. Meski mengalami peningkatan volume kendaraan sejak sepekan terakhir, kondisi jalur pantura masih tetap lancar.

Jalur Pantura Indramayu dengan panjang 68 kilometer ini mulai dipadati ribuan pemudik sepeda motor yang bergerak dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah atau Jawa Timur.

Lalu lintas pemudik didominasi oleh sepeda motor berplat nomor ‘B’ ini melaju dengan kecepatan di atas 60 kilometer per jam. Meski mulai bergerombol di sepanjang jalur Pantura tersebut, namun belum ditemukan adanya tanda-tanda kemacetan.

Sementara itu, data dari Pos Dinas Perhubungan dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Indramayu menyebutkan, dibandingkan pada hari sebelumnya perlintasan di Jalur Pantura Indramayu mengalami peningkatan hingga 30 persen.

Bahkan petugas Dishubkominfo mencatat dalam 12 jam untuk kendaraan sepeda motor mencapai 4.800 unit. Sedangkan kendaraan mobil pribadi dan truk serta bus mencapai ratusan kendaraan yang melintas di jalur Pantura tersebut. Petugas setempat pun memperkirakan arus lalu lintas kendaraan pemudik akan terus meningkat pada siang dan sore hari.

“Situasi arus mudik di Pantura Indramayu lancar dan aman untuk dilewati para pemudik dan tidak terjadi kemacetan,” ungkap Kasatlantas Polres Indramayu, AKP Asep Nugraha.

Asep mengatakan, pihaknya mengimbau agar pemudik dapat beristrihat di rest area yang telah disediakan. Karena Jalur Pantura Indramayu merupakan titik lelah bagi para pemudik yang hendak pulang kampung. Tempat istirahat yang disediakan oleh Polres Indramayu yakni di Jembatan Timbang, Kecamatan Losarang.

“Meski Jalur Pantura terlihat lengang, pemudik sepeda motor diharapkan agar berhati-hati. Karena di Jalur Pantura masih banyak kendaraan besar seperti truk dan kontrainer,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Asep, petugas kepolisian dari Polres Indramayu juga mulai hari ini sudah disebar ke beberapa pos pengamanan. Petugas akan berada di lapangan dalam rangka pengamanan pemudik.

Sementara itu, kepadatan arus mudik di Jalur Pantura Indramayu diprediksi akan meningkat pada Hari Kamis (22/6) besok dan Sabtu (24/6) mendatang. Terpantau dari Jalur Pantura Lohbener hingga perbatasan Cirebon arus mudik masih ramai lancar. Jumlah kendaraan akan terus mengalami peningkatan volume seiring akan mendekatinya hari lebaran atau pada H-1. (Dra/RJN)

Comment