90% Sungai-Sungai di Kota dan Kabupaten Cirebon Rusak

oleh -

RakyatJabarNews.com, Cirebon – Sekitar 90% sungai-sungai di kota dan kabupaten yang mengalami kerusakan. Penyebab utama hal tersebut adalah pembuangan sampah-sampah ke sungai. Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Forum Masyarakat Cinta Sungai Bambang Sasongko saat ditemui awak media hari Selasa (17/10).

Bambang mengatakan, kerusakan tersebut dialami oleh setidaknya 3 sungai besar di kota dan 10 sungai besar di kabupaten. “Kerusakan sungai mayoritas diakibatkan oleh pembuangan sampah secara sembarangan ke sungai,” ungkapnya.

Dengan kerusakan sungai-sungai tersebut, ekosistem dan biota yang berada di sungai ikut menjadi rusak, ikan-ikan mati, dan banjir di saat musim hujan.

“Kerusakan akan berdampak pada kematian ikan-ikan di sungai. Mereka tidak akan bisa berkembang biak karena ekosistemnya sudah rusak. Selain itu, bisa mendatangkan banjir kalau musim hujan datang,” jelas aktivis sungai tersebut.

Bambang berharap agar masyarakat segera sadar akan keberadaan sungai, mencintai sungai, menjadikan sungai sebagai sahabat, dan lain-lain. Karena jika tidak, akan menimbulkan kerugian seperti banjir bagi masyarakatnya sendiri.

“Jika kita menjadikan sungai sebagai sahabat, maka sungai itu akan bersahabat juga dengan kita,” jelasnya.

Selain itu, tak hanya masyarakat saja yang menjaga sungai. Bambang pun berharap pemerintah bisa menangani masalah sungai yang sudah rusak ini.

“Diperlukan langkah cepat untuk menangani permasalahan sungai ini. Pembuangan sampah dan limbah lainnya ke sungai harus dihentikan,” pungkasnya.(Juf/RJN)

Comment