oleh

Maman Hermansyah Apresiasi Kegiatan UKW

RJN, Kuningan – Asda II Setda Kuningan Maman Hermansyah mengapresiasi, kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diadakan di Wisma Permata Kuningan, Rabu (23/10). Sebab hal ini sebagai wujud untuk meningkatkan kompetensi wartawan, khususnya dalam bidang jurnalistik.

“Saya bangga karena wartawan mau belajar ya, jelas ini untuk meningkatkan profesinya agar berkompeten. Adanya uji kompetensi ini juga menjadi tantangan bagi wartawan, dimana harus mengetahui dan memahami regulasi terkait pers,” kata Asda II Setda Kuningan, Maman Hermansyah saat memberikan keterangan persnya.


Menurutnya, UKW ini menjadi ruang dalam memberi pemahaman terkait Kode Etik Jurnalistik, maupun aturan-aturan terkait yang harus dipatuhi wartawan. Sehingga kerja wartawan di lapangan dapat terukur sesuai dengan batasan-batasan tertentu.

“Berita yang ditulis itu kan harus sesuai dengan fakta dan kenyataan. Jadi di dalam UKW itu juga dijelaskan, bahwa seorang wartawan harus profesional menulis berita sesuai dengan fakta bukan sembarangan,” ungkapnya.

Dia menilai, bahwa tugas masing-masing baik eksekutif maupun wartawan itu sama saja, hanya berbeda dalam fungsinya. Jika eksekutif sebagai pelaksana pembangunan, maka wartawan sebagai sebagai jembatan untuk menyampaikan informasi terkait pembangunan daerah.

“Kalau kita itu sebagai eksekutif pelaksana pembangunan, nah kalau wartawan itu yang menyampaikan informasinya. Bagaimana memberi informasi ke masyarakat, terkait kegiatan pembangunan yang sudah dilaksanakan pemerintah daerah,” ujarnya.

Hanya saja, Ia berpesan, agar dalam penulisan berita itu tidak secara sembarangan namun berdasarkan data dan fakta. “Makanya dengan uji kompetensi semacam ini, kita diberikan rambu-rambu jangan sampai salah menulis. Sebab jika tidak berdasarkan fakta nanti ada pihak yang bisa dirugikan,” imbuhnya.

Dia mencontohkan, bahwa kini semua kepala sekolah di lingkungan pemerintahan daerah juga harus berkompeten. Hal ini menunjukan, bahwa kompetensi ini sebagai tolok ukur kualitas dan profesionalisme seseorang.

“Saya berharap semoga semua wartawan yang ikut ini bisa lulus. Sehinga kedepan banyak wartawan berkompeten di Kabupaten Kuningan,” tutupnya.

(dri/rjn)

Komentar

News Feed