5 Kerajinan Tangan Khas Indonesia

oleh -
banner 120x600

RakyatJabarNews.com – Kita patut bersyukur karena memiliki kekayaan alam dan budaya beragam. Karena negara lain belum tentu memilikinya dan bahkan diam-diam mereka mengagumi Indonesia.

Tahukah ada lima benda kerajinan tangan khas Indonesia yang mencuri perhatian sementara negara lain tidak punya? Berikut daftarnya dikutip dari RakyatJabarNews.com Senin (12/6/2017).

1. Batik

Walau sempat nyaris punah pada abad ke-20, namun masuk ke abad 21, para desainer pakaian mulai membuat inovasi memanfaatkan motif-motif batik dan membuat batik kembali populer. Tidak hanya sebagai kain tradisional, kini batik telah diubah menjadi fashion yang lebih dinamis.

Mulai dari kemeja dan dress, jaket, sepatu, tas, dan lainnya. Bahkan, sejak tahun 2009, banyak kantor baik milik pemerintah atau swasta yang menetapkan hari Jumat sebagai hari mengenakan batik.

2. Ukiran Kayu

Walau tidak terlalu terkenal seperti batik, namun ukiran kayu Indonesia merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Banyak orang asing yang kagum dengan ukiran kayu khas Indonesia. Karena selain detailnya yang bagus dan artistik, kayu-kayu di Indonesia, yang menjadi bahan utama ukiran ini punya kualitas yang bagus, sehingga meningkatkan kualitas keseluruhan ukirannya.

3. Wayang

Boneka wayang adalah kerajinan berbentuk boneka yang digunakan untuk pertunjukan dengan nama yang sama, wayang. Jenis wayang ini juga bervariasi, tergantung dari bahan dan juga daerah asalnya.

Ada yang terbuat dari kayu, ada yang terbuat dari kulit, dan sebagainya. Sama seperti batik, wayang juga mendapat gelar Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia (Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity) dari UNESCO.

4. Anyaman

Anyaman memang bisa dibuat dari apa saja, mulai dari bahan yang biasa seperti rotan dan bambu, sampai bahan yang bisa kamu temukan tiap hari seperti kertas dan sedotan. Kerajinan ini juga bisa dibuat menjadi berbagai macam produk yang berguna, mulai dari tatakan gelas, tempat tisu, keranjang, tas tangan, sampai perabotan seperti meja dan kursi.

Karena bisa dibuat dari bahan apapun dan dijadikan apa saja, kerajinan anyaman pada dasarnya bisa dibuat oleh siapa saja. Tapi, kerajinan anyaman yang cukup khas dari Indonesia adalah anyaman rotan dan bambu.

5. Tenun

Berbeda dengan batik yang dibuat dengan melukiskan lilin malam di permukaan kain, kain yang satu ini dibuat dengan menenun benang-benang yang menjadi bahannya menggunakan alat non-mesin. Jadi, mirip batik, pengerjaan satu helai kain tenun biasanya memerlukan waktu yang cukup lama. Kain songket juga tersebar di seluruh Indonesia, dan masing-masing daerah punya motif dan kain tenun yang unik dan khas. (RJN)

Comment

No More Posts Available.

No more pages to load.