3 Kecamatan Ini Membentuk Lembaga untuk Matikan Percaloan Para Calon Tenaga Kerja PLTU

  • Whatsapp

RakyatJabarNews.com, Cirebon – Percaloan yang mengincar para calon tenaga kerja lokal untuk PLTU menjadi perhatian serius dari tiga kecamatan di Kabupaten Cirebon, yakni Kecamatan Astana Japura, Mundu, dan Pangenan. Untuk itu, mereka kompak akan membentuk sebuah lembaga yang akan mematikan pergerakan calo tersebut.

Adapun lembaga bentukan tiga kecamatan ini akan segera diresmikan pada hari Kamis (5/4) besok di PLTU, yang berada di Desa Kanci, Kecamatan Astana Japura Kabupaten Cirebon.

Bacaan Lainnya

Camat Astana Japura Mahmud Iing Tajudin, S.IP mengatakan, pembentukan lembaga ini akan menjadi wadah bagi para pencari kerja, khususnya wilayah Kecamatan Astana Japura, Mundu, dan Pangenan melalui kerja sama dengan perusahaan yang membuka perekrutan tenaga kerja secara professional.

“Dalam prakteknya, nanti pihak perusahaan memberikan info kepada lembaga akan kebutuhan yenaga kerja. Dan lembaga inilah yang akan memberikan info pada masyarakat. Lembaga ini pula yang akan merekrut calon tenaga kerja yang dibutuhkan sesuai kriteria yang dibutuhkan oleh pihak perusahaan,” terangnya saat ditemui awak media di kantornya, Rabu (4/4).

Ditambahkan Tajudin, bahwa gagasan pembentukan lembaga penyedia tenaga kerja lokal yang professional sudah mendapatkan sambutan positif dari Manager PLTU, dan sudah mengadakan suatu rencana jangka panjang dalam memberdayakan masyarakat lokal, khususnya dalam perekrutan tenaga kerja professional sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

“Nanti tidak ada percaloan dan sistem ini akan mematikan percaloan sehingga aspek keadilan akan dirasakan oleh masyarakat,” terangnya.

Lemabaga ini, lanjutnya, juga bosa diisi oleh pengurus Karang Taruna dari tiap desa, dan camat itu sebagai pengawas agar lembaga tersebut bisa memberikan transalaransi dan berkeadilan.

“Inilah cara mendewasakan masyarakat agar tidak mengedepankan emosi apabila gagal dalam persaingan tenaga kerja di era industrialisasi sekarang ini,” pungkasnya.(Ymd/RJN)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *