oleh

Taman Limo Jatiwangi, Tetap Asri di Tengah Himpitan Industri

RakyatJabarNews.com, Cikarang – Di tengah kepungan perusahaan-perusahaan multinasional Kawasan MM 2100, terdapat satu taman asri yang kini menyedot perhatian pengunjung. Yaitu Taman Limo yang berada di Desa Jatiwangi. Menariknya taman ini bukan dibangun oleh Pemerintah Daerah melainkan dari inisiatif Kepala Desa setempat.

Beberapa anak tengah berlarian riang, ada juga anak yang tengah bermain becak-becakan. Sedangkan orangtuanya asik duduk di saung-saung yang berada di taman.


Waktu menunjukan pukul 16.00 suasana Taman Limo Jatiwangi begitu asri meski terhimpit pabrik-pabrik. Puluhan orang sudah ramai mengitari taman itu.

Pengunjung tampak begitu enjoy mengelilingi Taman Limo yang terbuat dari bambu sembari sesekali memegang handphone untuk berselfie ria.

Taman Limo memang memang menawarkan panorama yang asri yang cocok untuk spot foto. Karena ditaman ini juga terdapat bunga-bunga yang menyegarkan mata.

Taman ini juga terdapat danau di tengah-tengahnya yang bisa diputari dengan jembatan. Didanau ini juga ternyata juga bisa memancing.

Di sudut-sudut taman terdapat warung yang menjajakan jajanan dan makanan khas orang Bekasi dengan harga yang sangat terjangkau.

Kehadiran Taman Limo ini tidak hanya menyedot perhatian masyarakat sekitar namun juga dari beberapa wilayah. Mereka datang biasanya bersama keluarga untuk rekreasi. Masuk ke taman ini pun tidak dikenakan biaya hanya untuk keamanan parkir.

Taman Limo ini fasilitasnya terbilang cukup lengkap karena terdapat berbagai permainan anak seperti mandi bola, ayunan dan lainnnya. Bahkan juga ada tempat khusus untuk kontes burung.

Menurut keterangan Tokoh Masyarakat Cikarang Barat, Anwar Musyadad taman ini dibangun oleh swadaya masyarakat, “Taman ini dibangun atas inisiatif Kepala Desa Jatiwangi, Adiez. Didukung seluruh elemen masyarakat Desa Jatiwangi,” katanya.

Anwar mengatakan Taman Limo Jatiwangi beroperasi sejak empat bulan lalu namun sudah menyedot perhatian masyarakat, “Ini ide yang luar biasa dari Kepala Desa. Saya kira beliau tingkat pemikiran bukan sekelas Kepala Desa namun Gubernur, “tuturnya.

Yang menarik Taman Limo Jatiwangi ini bukan hanya sekedar untuk tempat rekreasi namun juga untuk pemberdayaan masyarakat. Karena semua elemen warga diberdayakan.

“Seperti yang berdagang di Taman Limo ini. Pedagang wajib berktp Desa Jatiwangi. Jadi mengangkat ekonomi masyarakat,” katanya.

Anwar berharap seluruh Kepala Desa di Kabupaten Bekasi mempunyai inisiatif dan kreatifitas yang tinggi untuk membangun desa.

Salah satu pengunjung dari Tambun Selatan, Yanto mengatakan pihaknya tertarik mengunjungi taman ini karena omongan dari berbagai temannya.

“Emang lagi hits sih kan ya. Apalagi taman ini dibangun Kepala Desa. Dan saya lihat netizen juga tengah jadi perbincangan kok,” tuturnya.(Ziz/RJN)

Komentar

News Feed