Rudiana Wacanakan Revitalisasi Pasar Lemahabang

oleh -
banner 120x600

RakyatJabarNews.com, Cirebon – Kuwu Lemahabang Kulon Rudiana memiliki program wacana untuk merevitalisasi Pasar Lemahabang. Hal tersebut bertujuan agar Pasar Lemahabang menjadi lebih bersih, tertata rapi, higienis sehingga menjadi daya tarik. Bahkan dirinya sudah sosialisasi dengan para pedagang pasar dengan wacana tersebut.

“Nantinya kita buat pasar menjadi lebih modern, namun tidak menghilangkan tradisionalnya, karena itu sudah menjadi program Pemerintah Presiden Jokowi,” jelasnya saat ditemui RakyatJabarNews.com di kantornya, Rabu (25/1).

Rudi melanjutkan, banyak pedagang yang menyetujuinya, namun ada juga yang meminta agar jangan dulu dilakukan revitalisasi. Bahkan, ada yang meminta agar segera dilakukan setelah lebaran ini. Namun, dirinya masih membaca situasinya dahulu. Minimal, pihaknya akan mengadakan Musyawarah Desa dahulu dengan pihak-pihak terkait.

“Sekarang masih musim politik. Saya tidak mau menjadi ‘korban’,” jelasnya.

Dengan adanya pasar yang sudah direvitalisasi ini, kata Rudi, maka tidak akan kalah dengan pasar-pasar modern lainnya. Dirinya menjelaskan, jika di pasar modern tidak bisa tawar-menawar dan utang-piutang, maka di pasar ini hal tersebut bisa dilakukan. Karena rasa tradisionalnya tidak dihilangkan.

“Yang kita perlukan adalah pendanaanya. Karen revitalisasi ini bukan hal kecil. Minimal ada garansi bangunannya, kemanan, serta pembangunannya tidak mangkrak,” tuturnya.

Dengan adanya revitalisasi ini, Rudi berharap Lemahabang mempunyai pasar yang bagus, menjadi daya tarik, modern tapi tetap rasa tradisional.

“Semuanya akan dilakukan penataan. Mana yang khusus untuk sayuran, kain, sembako. Jadi dengan adanya ini, mereka punya wadah,” pungkasnya.(Juf/Ymd/RJN)

Comment