RSUD Gunung Jati Tingkatkan Pelayanan Jantung dan Kanker

  • Whatsapp

RakyatJabarNews.com, Cirebon – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Gunung Jati adalah menjadi salah satu rumah sakit yang menjadi rujukan regional di daerah Jawa Barat bagian Timur, khususnya daerah Ciayumajakuning. Dengan menyandang gelar tersebut, maka diupayakan pelayanannya semakin meningkat.

Kadis Kesehatan Jawa Barat Dr. H. Dodo Suhendar, mengatakan bahwa salah satu upaya yang dikembangkan tersebut adalah pelayanan kepada pasien jantung dan kanker.

Bacaan Lainnya

“Upaya yang dikembangkan adalah penanganan penyakit jantung dan kemoterapi untuk pengidap kanker,” jelasnya saat ditemui awak media usai menghadiri acara wisuda STIKes Mahardika Kota Cirebon di Shapire Ballroom Aston Hotel Cirebon, Jl. Brigjen Dharsono no. 12C (By Pass) Kota Cirebon hari Kamis (26/10).

Menurut Dodo, diupayakan juga untuk meningkatkan SDM-nya berupa dokter dan tenaga medis lainnya, supaya bisa memberikan pelayanan yang terbaik.

Disamping itu, pemerintah provinsi bekerja sama juga dengan Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung dengan membuka klinik HOP (Hemobilisis, Onkologi dan Polisitemia). Menurut Dodo, upaya ini bisa mengurangi antrian panjang di RS Hasan Sadikin.

Sebelumnya, hanya Rumah Sakit Hasan Sadikin saja yang dijadikan rujukan regional Jawa Barat. Dan kini, terdapat tujuh rumah sakit daerah yang dikembangkan sebagai rumah sakit rujukan regional. Di antaranya adalah Rumah Sakit Cibinong, Rumah Sakit Syamsuddin Sukabumi, Rumah Sakit Gunung Jati Cirebon, Rumah Sakit Tasikmalaya, Rumah Sakit Al-Ihsan Bandung, Rumah Sakit Cibabat Cimahi, dan Rumah Sakit Karawang.

Sebagai salah satu rumah sakit rujukan di Ciayumajakuning, RSUD Gunung Jati mengembangkan pelayanan dengan memberikan fasilitas berupa bangunan fisik untuk ICU, dan tahun depan untuk UGD.

“Tahun depan ada peningkatan,” jelasnya.

Dodo mengimbau kepada masyarakat melalui Germas (Gerakan Masyarakat Sehat), diupayakan agar masyarakat mau menjaga kesehatan, seperti menjaga pola makan. Dodo menyarankan untuk banyak memakan protein, sayur, dan buah-buahan, serta makan nasinya dikurangi.

Kemudian rutin berolahraga supaya badan terasa sehat dan fit. Sebab, jika jarang berolahraga maka kesehatannya akan berkurang. Dan yang ketiga adalah rutin memeriksa kesehatan ke dokter.

“Jika ada gejala, sedini mungkin periksakan ke dokter,” imbaunya.(Juf/RJN)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *