Problem Banjir, Ini Solusi dari Kuwu Cikulak

  • Whatsapp

RakyatJabarNews.com, Cirebon – Wilayah Kabupaten Cirebon Timur kerap kali dilanda banjir saat musim penghujan. Ini menjadi PR bagi Pemerintah Daerah maupun pemerintah Desa yang wilayahnya menjadi langganan banjir, seperti yang terjadi di wilayah aliran sungai Ciberes tepatnya di Desa Cikulak.

Selain sistem drainase yang buruk, menjadi biang kerok air menggenang di pemukiman rawan terendam banjir.
Pihak Pemerintah Desa pun mencari solusi dalam permasalahan yang dihadapi masyarakat dengan menata ulang dan membangun drainase agar aliran air tidak lagi menggenangi pemukiman di kala musim penggujan datang.

Bacaan Lainnya

Ditemui dilokasi Dusun 2 yang akan di bangun spal, Kuwu Cikulak, Haji Yusnaedi atau biasa disapa Kuwu Yus mengatakan, menimbang dari prioritas pembangunan harus berdasarkan kebutuhan masyarakat, maka pihak pemerintah Desa akan membangun spal sepanjang 570 meter di pemukiman Dusun 2.

“Pembangunan yang kami utamakan merupakan amanat dari musdus dan musrenbang, kebutuhan pembangunan spal agar wilayah yang padat penduduk bisa tertata baik agar drainase bisa mengalirkan air pada saat musim hujan dan tidak menggenang,” jelasnya, Sabtu (21/7).

Ditambahkan Kuwu Yus, jika pembangunan spal menjadi prioritas sesuai hasil musdus dan musrenbang dimana dirinya pun ikut mendengarkan pengajuan dari masing masing dusunnya.

“Saya sebagi Kuwu baru terpilih dari awal mengawal ajuan pembangunan yang datanganya pada saat musdus dan musrenbang, agar pembangunan yang kami laksanakan bisa bermanfaat bagi masyarakat kami,” tuturnya.

Sedangkan menurut Sekdes setempat, Iik mengatakan, pembangunan TPT dan spal harus diukur ulang agar tetap baik dalam perencanaan maupun dalam pelaksanaan pembangunannya.

“Kita bisa liat bersama baik Pak Kuwu juga Ketua TPK hadir di lapangan, agar perencanaan dan pembangunan sesuai RAB dan memberikan manfaat bagi masyarakat,” jelasnya.

Masih menurut Iik, untuk Desa Cikulak, pembangunan ini merupakan yang pertama dari Dana Desa, karena ada keterlambatan pencairannya baik itu terhalang moment pilkada kemarin.

“Kita baru turun Dana Desa tahap pertama, Pemerintah Desa Cikulak pun langsung turun untuk mengukur ulang rencana infrastruktur dan kami akan mengutamakan pemberdayaan masyarakat setempat khususnya Dusun 2,” tuturnya.

Sedangkan menurut Ketua TPK, sekaligus Kaur Ekbang, Dulsalim mengatakan, setelah diukur ulang maka pembangunan TPT dan Spal sepanjang 570 Meter TPT dan Bodeman di Dusun 2.

“Kami mengajak juga dari perwakilan BPD yaitu Bapak Drs. Adang Juhandi,” pungkasnya.(Ymd/RJN)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *