oleh

Objek Wisata Terkendala Oleh Pihak Pemerintah Desa

RJN, Cirebon – Minimnya support yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Cirebon terhadap sektor pariwisata ternyata ada penyebab yang jarang diketahui oleh masyarakat Cirebon pada umumnya.

Hal ini diungkap oleh Kepala Disbudparpora Kabupaten Cirebon, kendala pengembangan pariwisata khususnya dibeberapa obyek wisata yang ada di Cirebon terkendala dengan pengelolaan yang dikuasai oleh pihak Pemerintah Desa.

“Kami akui jika Kabupaten Cirebon belum optimal untuk menyambut para Wisatawan Mancanegara, karena untuk menyambut Wisatawan Nusantara saja belum bisa optimal, karena pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Cirebon hanya memiliki banyu panas di Wilayah Barat Cirebon (Red. Gempol) satu satunya milik Pemkab Cirebon, sedangkan yang lainnya dikuasai oleh Pemerintah Desa, ” ujarnya Hartono Kepala Disbudparpora kepada rakyatjabarnews.com saat ditemui di bilangan wisata Kura Kura Belawa, Jumat (14/12/2018).

Seperti obyek wisata kura kura Belawa yang bisa kami support dari sisi Eksoting pengembangan Kawasan Wisata Marga Satwa Kura Kura Belawa, karena dalam Perda Tata Ruang Wilayah 2018 masuk kawasan suaka marga satwa kura kura.
“Karena obyek wisata Cikuya ini dikelola oleh Desa, maka kami hanya bisa support dalam eksotingnya, pelatihan guide, sapta pesona dan lain lain.”

Hartono menambahkan apabila pihak Pemdes mau menghibahkan obyek wisata kura kura maka pihak pemda melalui Disbudparpora dipastikan akan dikembangkan sedemikian rupa.

“Untuk di kembangankan menjadi kawasan suaka marga satwa kura kura tergantung kesepakan antara pihak Pemdes Belawa dan Pemda Cirebon maka kawasan obyek wisata akan ada pengembangan, “paparnya.

Sedangkan menurut Dadan Hendarman yang menjabat Kasi Ekbang Desa Belawa, rumor adanya bantuan pakan kura kura dari DKP baru pada wacana, karena untuk pakan masih dari anggaran Desa dan dari tiket masuk obyek wisata kura kura Belawa.

“Jika nantinya pihak DKP akan membantu pakan kami pihak pemdes sangat bersyukur, “ujarnya saat ditemui disudut obyek wisata Belawa.

Dadan pun menambahkan jika wacana pengembangan kawasan suaka marga satwa kura kura Belawa bisa direalisasikan maka sektor pariwisata di Cirebon bisa maju, banyak tanah masyarakat disini mau menjual lahan asalkan sesuai pasaran disini, “tandasnya.(ymd/rjn)

Komentar

News Feed