KLHK Bersama TNI dan Polri Akhirnya Menyegel Gudang Limbah Medis B3

oleh -
banner 120x600

RakyatJabarNews.com, Cirebon – Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Gakhum bersama gabungan unsur TNI, dan Polres Cirebon melakukan pengamanan dan penyegelan gudang limbah medis B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun) di Kecamatan Panguragan, Kabupaten Cirebon hari Selasa (19/12). Dalam proses penyegelan tersebut, diterjunkan anggota Polres sebanyak 420, dan unsur TNI sebanyak 200.

Adapun gudang yang disegel berjumlah lebih dari enam gudang. Penyegelan tersebut dilakukan sebagai langkah mengantisipasi ancaman kesehatan pada masyarakat dan lingkungan sekitar.

Komandan Korem 063/SGJ Kolonel Inf. Veri Sudijanto Sudin mengatakan bahwa memang benar ada oknum TNI yang ikut terlibat dalam gudang limbah medis berinisial TS. Sementara ini sudah diamankan oleh Denpom Cirebon.

“Pelaku benar adalah anggota TNI berinisial TS. Kami masih melakukan penyidikan, karena penahanan baru dilakukan kemarin. Saat ini Denpom sedang proses mencari bukti-bukti, status TS masih terperiksa,” ungkap Danrem saat ditemui usai melakukan penyegelan gudang-gudang limbah medis di Kecamatan Panguragan, Kabupaten Cirebon, Selasa (19/12).

Sedangkan menurut Kapolres Cirebon AKBP Risto Samodra mengatakan bahwa petugas gabungan Polri, TNI, KLHK, dan Gakhum melakukan pengamanan dan penyegelan di enam gudang limbah medis. Kemudian dilakukan pengamanan dengan dampingi penyidik Lingkungan Hidup dan Denpom Cirebon.

“Kami dengan petugas gabungan sudah melakukan pengamanan, penyegelan, dan mengambil barang bukti untuk penyidikan. Beberapa orang menjadi saksi yang masih dilakukan pemeriksaan yaitu pemilik gudang, para pekerja, dan masyarakat sekitar. Kemudian kami melakukan koordinasi dengan Kejaksaan untuk melakukan penggeledahan lebih dalam,” pungkasnya.(Juf/RJN)

Comment