Kementrian Kelautan dan Perikanan Berikan Alat Bantu Tangkap Ikan Ramah Lingkungan

  • Whatsapp

RakyatJabarNews.com, Cirebon – Untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan dan menjaga ekosistem laut, Direktur Jenderal Perikanan Tangkap Kementrian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Sjarief Widjaja memberikan alat bantu tangkap ikan ramah lingkungan di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Kejawanan, Kota Cirebon, Rabu (15/2). Selain itu, juga dibangun Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang higienis.

Turut hadir pada acara tersebut Pejabat Sementara (Pjs) Wali Kota Cirebon, Dr H. Taufikkurohman, M. Si, anggota komisi IV DPR RI, Ono Surono,Plt Bupati Cirebon, Selly Andriani Gantina, dan lainnya.

Bacaan Lainnya

Sjarief Widjaja berharap, bantuan yang telah diberikan kepada nelayan di Jawa Barat, khususnya di Kota Cirebon ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Selain itu, juga diharapkan sumber daya ikan bisa terpelihara dengan baik dan bisa dinikmati oleh generasi penerus.

Dirinya berpesan untuk mengolah ikan yang ditangkap dengan baik. Bahkan dikelola dengan standar dunia. Sehingga nantinya ikan yang dijual oleh nelayan Indonesia akan memiliki nilai jual yang tinggi.

“Selanjutnya kita akan bangun 32 TP se-Indonesia yang sesuai dengan standar internasional,” ungkap Sjarief.

Sedangkan menurut Pjs Wali Kota Cirebon, Dr. H Dedi Taufikkurohman, M.Si, mengucapkan terima kasih atas dibangunnya sebuah TPI higienis di Kejawanan, Kota Cirebon. Dirinya yakin keberadaan TPI ini akan meningkatkan kualitas ikan yang ditangkap nelayan di Kota Cirebon.

“Dengan kualitas ikan yang meningkat maka harga jualnya juga akan tinggi. Dengan begitu, kesejahteraan nelayan di Kota Cirebon juga akan meningkat,” ungkap Dedi.

Tidak hanya itu, Dedi pun mengucapkan terima kasih atas pembangunan TPQ/Madrasah Ijtima’iyah PPN Kejawanan yang merupakan hasil sumbangan stakeholder di kawasan PPN Kejawanan. Dengan 108 santri saat ini telah terkumpul Rp 545 juta untuk pembangunan TPQ tersebut.

“Semoga bisa meningkatkan pendidikan untuk anak-anak nelayan yang ada di Kota Cirebon,” pungkas Dedi.

Adapun rincian bantuan yang diberikan yaitu pembangunan Tempat Pemasaran Ikan Higienis PPN Kejawanan senilai Rp 4,7 miliar, bantuan alat penangkapan ikan (API) ramah lingkungan tahun 2017 untuk 3 kota Cirebon, Kabupaten Cirebon dan Kabupaten Indramayu dengan total 1.185 paket (Kota Cirebon mendapatkan 98 paket), bantuan kapal penangkap ikan untuk 6 daerah di Jabar dengan toal 165 unit kapal, bantuan permodalan dari BRI, bantuan premi asuransi nelayan, serta penyerahan kartu asuransi.(Juf/RJN)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *