Fenomena Gerhana Bulan, Cirebon Astronomy Club Sediakan Fasilitas Mencoba Teropong Gratis

oleh -
banner 120x600

RakyatJabarNews.com, Cirebon – Munculnya fenomena gerhana bulan langka terjadi hari Rabu (31/1) malam ini, membuat masyarakat sangat antusias untuk menyaksikannya. Fenomena langka tersebut terdiri dari tiga macam, yakni Supermoon, Blue Moon, dan Blood Moon.

Ketiga fenomena ini hanya terjadi secara bersamaan dalam kurun waktu 152 tahun sekali. Dan malam ini, fenomena tersebut bisa disaksikan di seluruh belahan Indonesia, termasuk di Cirebon.

Sebuah komunitas bernama Cirebon Astronomy Club menyediakan fasilitas teropong gratis di Alun-Alun Kejaksan Kota Cirebon. Mereka menyediakan 5 buah teropong untuk bisa dinikmati oleh warga Cirebon saat melihat fenomena langka tersebut.

Uniknya, teropong tersebut terbuat dari pipa paralon yang dirakit, dan dibentuk hingga menyerupai teropong pada umumnya. Meskipun begitu, kemampuannya tidak kalah dengan teropong biasa.

Namun sayangnya, keadaan cuaca saat ini sedang berawan. Sehingga bulan sesekali terlihat, sesekali menghilang tertutup awan. Sehingga, momen menyaksikan ketiga fenomena tersebut agak terganggu.

Putri, warga asal Babakan yang mencoba menikmati fasilitas teropong paralon tersebut mengatakan hasilnya lumayan bagus. “Hanya saja ada gangguan dari awan saja, karena cuacanya sedang mendung,” tuturnya.

Hal senada juga dikatakan oleh Fika yang berasal dari Gunung Jati. Dirinya bahkan tidak sempat melihat bulan tersebut saat mencoba menggunakan teropong tersebut.

“Mungkin karena ketutup awan, jadi masih kurang terlihat. Padahal fenomena ini sayang kalau terlewati,” jelasnya.

Sedangkan menurut salah satu anggota Cirebon Astronomy Club Slamet Riyadi, juga mengungkapkan kekecewaannya karena cuacanya berawan. Sehingga bukan hanya sesekali terlihat sebentar, lalu tertutup awan.

“Padahal ini fenomena langka yang bagus, tapi cuacanya kurang bersahabat. Kalau cerah pasti akan jelas terlihat,” pungkasnya.(Juf/RJN)

Comment