oleh

Demo RKUHP dan UU KPK, Mahasiswa UMI Bawa Ini

RJN, Nasional – Mahasiswa Universitas Mahasiswa Islam (UMI) Makassar berunjuk rasa di bawah flyover Jalan Urip Sumoharjo, Senin (23/9/2019).

Mereka menamakan diri aliansi mahasiswa UMI. Mahasiswa membawa sejumlah poster dan foto. Ada juga orang-orangan.

Sampai saat ini mahasiswa UMI masih di tengah jalan sehingga membuat kepadatan kendaraan di Jalan Urip Sumoharjo.

Unjuk rasa yang dilakukan mahasiswa UMI ini buntut dari pasal-pasal kontroversial RUU KUHP yang segera disahkan oleh DPR RI dan Revisi UU KPK yang dianggap melemahkan KPK.

Mahasiswa menganggap Presiden Joko Widodo tidak berhasil memimpin negara ini sehingga ia dituntut untuk mundur dari jabatannya.

Mereka juga mendesak RUU Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS) segera disahkan.

“Segera sahkan RUU penghapusan kekerasan seksual yang tak kunjung disahkan oleh DPR. Padahal RUU ini telah masuk ke dalam prolegnas sejak tahun 2018,” tegas Hasyim salah seorang demonstran.

Tuntutan mahasiswa ini juga tidak ketinggalan tentang revisi UU permaysarakatan yang sangat kontroversial. Pasalnya, dalam revisi ini koruptor diizinkan untuk cuti dan bisa pergi jalan-jalan ke mal bahkan bisa pulang ke rumahnya untuk istirahat.

Revisi UU pemasyarakatan ini sangat lucu. Sudah divonis sebagai korupsi, namun diberikan ruang untuk bebas berkeliaran.

Jauh berbeda dengan UU korupsi di Malaysia yang menghukum gantung koruptor.

“Apabila disahkan RUU permaysarakatan ini akan mengurangi efek jera pada para narapidana di rutan akibat kelonggaran melalui pasal 9-10 tentang hak narapidana,” tegasnya. (red/rjn)

Komentar

News Feed