oleh

Warga Sukamulya Purwakarta, Setelah Ledakan, Batu Raksasa Meluncur dari Ketinggian 500 Meter

RJN, Purwakarta – Tujuh rumah milik warga di Kampung Cihandelem Desa Sukamulya Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Purwakarta, hancur luluh lantah tertimpa batu besar yang berada di areal pertambangan milik PT. MMS. Selasa (8/10/2019).

Tak pelak kejadian tersebut membuat sebagian warga harus berlarian bahkan mengungsi. Kondisi rumah terlihat hancur. Bahkan batu yang menggelinding dari atas besarnya hampir sebesar rumah warga.

Salah seorang warga mengatakan, sebelum kejadian terdengar suara ledakan yang merupakan hal lumrah biasa didengar oleh warga. Namun tiba – tiba saja batu berukuran besar menggelinding memasuki pemukiman warga.

“Kan ditambang pake dinamit udah biasa, tetapi tiba – tiba warga banyak berteriak ada batu besar dari atas,” kata Asep (25) warga setempat.

Menggelindingnya batu berukuran besar tersebut diduga berasal dari penambangan yang dilakukan oleh PT. MSS. Batu – batu tersebut menggelinding memasuki warga.

Beruntung warga kebanyakan sedang beraktifitas di luar rumah. Selain itu ada alarm tanda bahaya yang dipasang sekitar pemukiman.

“Saat kejadian para pemilik rumah sedang bekerja. Di wilayah tersebut ada alarm atau serine. Sehingga saat serine tanda bahaya berbunyi warga pergi menghindar  meninggalkan rumahnya masing-masing untuk menyelamatkan diri,” menurut Kapten Inf Bayu berdasarkan rilis yang diterima Kesatu.

Akibat kejadian ini kerugian hampir mencapai Rp 460 juta. Aparat kepolisian, TNI dan pemerintah setempat masih melakukan penyelidikan dan membantu evakuasi warga.

(dam/rjn)

Komentar

News Feed