Romahurmuziy: Jangan Ulangi Hal Yang Bisa Merusak Hubungan 2 Negara

  • Whatsapp

RakyatJabarNews.com, Bekasi – Ketua Umum (Ketum) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy pun mengimbau kepada seluruh umat Nahdlatul Ulama (NU) khususnya anggota Banser GP Anshor untuk jangan mengulang hal yang disinyalir bisa merusak hubungan diplomatik antar 2 negara, Indonesia dan Saudi Arabia.

Pasalnya beberapa waktu lalu, Sebanyak 999 anggota GP Ansor yang sempat menggegerkan Indonesia lantaran menyanyikan lagu “Yalal Wathon” ciptaan Pahlawan Nasional sekaligus salah satu pendiri Nahdlatul Ulama (NU), KH Wahab Chasbullah yang merupakan lagu tentang cinta tanah air Indonesia saat melakukan ibadah sai di Saudi Arabia.

Hal tersebut sontak menuai pro dan kontra dikalangan elit NU dengan sejumlah tokoh agama lain yang memperdebatkan sikap para jamaah Banser GP Anshor dinilai kurang etis saat tengah menjalani ibadah suci.

“Dengan segala hormat, meski lagu itu (Yalal Wathon) adalah karangan kakek saya sendiri, tapi saya mengimbau agar jangan sampai hal seperti itu terulang lagi sehingga tidak memancing perselisihan dengan otoritas Saudi Arabia,” ujarnya saat ditemui di Asrama Haji Kota Bekasi, Jumat (2/3/2018).

Pria yang akrab disapa Gus Rom ini pun mengakui bahwa lagu Yalal Wathon ciptaan KH Wahab Chasbullah yang merupakan kakeknya, bukan berarti ia membenarkan pelantunan syair tersebut saat pelaksanaan ibadah.

Ia pun mengatakan, bahwa duta besar Arab Saudi yang juga merupakan warga NU, Agus Maftuh sudah menyampaikan secara resmi rasa keberatan Pemerintah Saudi Arabia terhadap tindakan jamaah Banser GP Anshor tersebut.

“Namun meski sejumlah ulama ada yang berbeda pendapat soal menyikapi hal tersebut, saya juga berharap kasus tersebut jangan berlarut-larut apalagi terus diperdebatkan.Kita tidak bisa memutuskan boleh atau tidaknya. Tapi jika menimbulkan kegaduhan, ya kegaduhan itulah yang jangan sampai terulang lagi,” tutupnya. (dee/RJN)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *