Polres Cirebon Ungkap Penipuan yang Dilakukan oleh Oknum PNS

  • Whatsapp

RakyatJabarNews.com, Cirebon – Polres Cirebon berhasil mengungkap kasus penipuan yang dilakukan oleh oknum PNS. Dalam ekspos yang digelar oleh Polres Cirebon di Mapolres Cirebon, Sumber, Kabupaten Cirebon, Jumat (22/12), terungkap bahwa si tersangka berinisial S adalah PNS yang bekerja di lingkungan pemerintah Kota Cirebon.

Menurut Kapolres Cirebon AKBP Risto Samodra melalui Kasat Reskrim AKP Reza Arifian, terdapat 4 orang yang menjadi korban dari tersangka S. Namun, ada kemungkinan korban selanjutnya setelah dilakukan pengembangan.

Bacaan Lainnya

“Si tersangka melakukan aksinya sejak tahun 2015,” tuturnya.

Modus yang digunakan si pelaku adalah menjanjikan para korbannya untuk masuk di lingkungan pemerintah Kabupaten Cirebon. Namun, janji tersebut tidak pernah terealisasikan.

“Si pelaku menipu para korbannya dengan masuk ke lingkungan Pemkab Cirebon,” jelasnya di depan awak media.

Adapun jumlah total yang harus dibayar oleh para korban ke tersangka bervariasi. Ada yang Rp 15 juta hingga Rp 60 juta. Diperkirakan total kerugian korban mencapai Rp 175 juta.

Dari pengungkapan tersebut, polisi mengamankan barang bukti berupa 1 buah buku tabungan, 1 lembar surat pernyataan, 1 lembar kwitansi sejumlah Rp 50 juta, 1 lembar kwitansi sejumlah Rp 15 juta, serta 1 lembar kwitansi sejumlah 50 juta. Semua surat tersebut tertempel materai Rp 6000.

“Atas perbuatannya, tersangka dikenakan pasal 378 KUHPidana dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara,” pungkasnya.(Juf/RJN)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *