oleh

PMI Indramayu Butuh Stok Darah O dan A Selama Ramadhan

RJN, Indramayu – Persediaan darah di PMI Kabupaten Indramayu, selama ramadan relatif cukup. Hal itu dikatakan Pelaksana Tugas (Plt) Ketua PMI Kabupaten Indramayu,Topo Suwarno melalui Direktur Unit Donor Darah PMI Kabupaten Indramayu dr. H. Riyanto Martomidjojo, M.Kes saat ditemui di ruang kerjanya, Sabtu (18/5).

“Untuk bulan puasa, tentu saja pasokan darah, ada penurunan, sedangkan permintaan tidak berkurang. Meski begitu, stok masih mencukupi,” ujarnya.

Ia menuturkan, penurunan jumlah persediaan darah yang terjadi di bulan Ramadan, masih dapat dimaklumi. PMI Indramayu juga telah menyiasatinya dengan memenuhi persediaan darah sebelum bulan Ramadan.

PMI Indramayu juga tetap rutin berkeliling untuk mencari pendonor darah di malam hari saat bulan Ramadan usai salat tarawih.

Masjid dipilih sebagai tempat yang tepat untuk menjaring para pendonor darah selama Ramadan.

Ia mengatakan, upaya-upaya tersebut sudah menjadi tugas PMI untuk memenuhi kebutuhan darah di Kabupaten Indramayu yang ada di kisaran angka rata-rata 1.500 labu darah per bulan. Sedangkan distribusinya sekitar 80 persen disalurkan ke rumah sakit umum daerah (RSUD).

“Untuk rumah sakit, terutama RSUD terbanyak sekitar 80 persen,” ucapnya.

Ia mengungkapkan, tidak jauh berbeda antara permintaan maupun persediaan darah di bulan Ramadan atau selainnya. Hanya saja diperkirakan akan ada peningkatan permintaan darah di sekitar lebaran, yaitu saat arus mudik dan balik.

“Permintaan mungkin meningkat sekitar lebaran, mungkin ada yang kecelakaan. Itu udah biasa kita antisipasi,” jelasnya.

Ia menegaskan, untuk saat ini, persediaan darah di PMI secara umum terbilang mencukupi. Namun, secara spesifik jumlah darah dari golongan A dan O yang persediaannya sedikit, sedangkan golongan darah lainnya, stoknya memadai.

“Saat ini, jenis darah yang dibutuhkan A sama O karena persediaan sedikit,” ujarnya. (man/rjn)

Komentar

News Feed