oleh

Pemuda Majalengka Berhasil Budidayakan Anggur Brazil

RJN, Majalengka – Seorang pemuda asal desa Teja kecamatan Rajagaluh Deden Purbaya berhasil membudidayakan pohon anggur Brazil dan dapat berbuah lebat.

Di kebun miliknya Deden memiliki lebih dari 3 ribu pohon dengan berbagai ukuran dan masa tanam. Bukan hanya itu, Deden juga menjadikan kebun anggur miliknya sebagai wahana wisata sekaligus edukasi menanam pohon anggur Brazil agar dapat tumbuh dan berbuah di halaman rumah dengan cuma-cuma alias tanpa tiket masuk.

“Saya dengan ayah saya mencoba untuk mengenalkan dan mengedukasi masyarakat tata cara menanam anggur Brazil. Dan pengunjung yang datang bukan hanya dari Majalengka saja namun dari berbagai Provinsi di Indonesia bahkan dari luar Negeri,” ungkapnya. Minggu, (8/9/2019).

Deden mengaku budidaya anggur Brazil sangat menjanjikan. Karena harganya bisa mencapai 200 sampai 400 ribu rupiah per kg.

Harga yang fantastis tersebut dianggap wajar, karena langkanya buah anggur Brazil di pasaran dikarenakan proses berbuah yang relatif lama dari 8-15 tahun.

Ditambah lagi cita rasa yang berbeda dengan buah anggur pada umumnya, dimana rasa dari buah anggur Brazil ini seperti perpaduan rasa antara buah alpukat, anggur dan leci. Uniknya, rasa buah anggur Brazil ini dapat berbuah seiring dengan pertambahan usia pohon.

“Disini kita Budidayakan dengan cara stek batang, dan hasilnya pohon anggur lebih cepat berbuah,” ujarnya.

Anggur pohon atau biasa disebut tanaman anggur Brazil merupakan jenis pohon yang memiliki buah mirip dengan anggur karena tidak termasuk spesies anggur melainkan tanaman kayu yang bisa berumur puluhan tahun.

Pohon anggur Brazil dapat tumbuh di daerah beriklim tropis dari dataran rendah hingga dataran tinggi. Jafi, sangat cocok dibudidayakan di Indonesia.

(kii/rjn)

Komentar

News Feed