Ini Faktor Penyebab Ikan Air Tawar Melonjak

  • Whatsapp

RakyatJabarNews.com – Bulan suci Ramadhan membawa berkah tersendiri bagi pembudidaya ataupun penjual ikan tawar. Sejak memasuki awal bulan puasa, permintaan ikan air tawar meningkat cukup tajam. Jenis ikan tawar yang banyak diminati pembeli di bulan puasa ini yakni jenis ikan lele, iman mas, nila, dan patin.

Menurut Mulyana, pembudidaya ikan air tawar, bertambahnya permintaan ikan air tawar selama Ramadhan tahun ini lebih dari yang diperkirakan sebelumnya. “Kenaikannya hampir dua kali lipat dibandingkan hari-hari biasa,” ungkapnya, Sabtu (10/6) kemarin.

Bertambahnya permintaan kata Mulyana, tidak hanya datang dari para pedagang. Permintaan yang cukup banyak juga datang dari pemilik usaha pemancingan. “Kalau Ramadha, tempat pemancingan sering ramai, terutama pada hari libur atau sore hari sambil menunggu datangnya bedug magrib,” jelasnya.

Penjual ikan air tawar, Mustari mengaku senang dengan masuknya bulan puasa. Sebab pada bulan puasa ini omset penjualannya mengalami peningkatan. ”Alhamdulillah selam bulan puasa ini, penjualan ikan meningkat,” katanya senang.

Mustari mengaku tidak kuatir akan kekurangan ikan meski permintaan dari pembeli meningkat. Pasalnya pasokan ikan air tawar selama ini nyaris tidak ada masalah, kecuali jenis lele yang terkadang terkendala pengadaanya.

“Ikan banyak, kalau untuk jenis nila, mujair, tidak khawatir selama ini lancar pengirimannya,” jelasnya.

Sementara itu, Kabid Pengawasan dan Pengendalian Dinas Perdagangan Kabupaten Majalengka, Ucup Supriadi menjelaskan, harga kebutuhan selama bulan puasa masih relatif stabil.

Begitu juga dengan harga ikan air tawar relatif stabil meski mengalami kenaikan permintaan. “Harganya tidak banyak berubah, meski permintaan ikan air tawar saat ini mengalami kenaikan,” terangnya. (Juf/RJN)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *