Pemasangan Balok Girder di Jembatan Kunciran Junction, Jasa Marga Lakukan Pengaturan Lalin

oleh -

RJN, Nasional – PT Marga Trans Nusantara (MTN), kelompok usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk. yang mengelola Jalan Tol JORR II Ruas Kunciran-Serpong, akan melaksanakan pekerjaan pemasangan balok ( steel box ) girder sebanyak lima buah dengan panjang bentang masing-masing 67 meter di Jembatan Kunciran Junction yang melintas di atas Jalan Tol Jakarta-Tangerang, tepatnya pada KM 15+500. Selama pekerjaan berlangsung, Jalan Tol Jakarta-Tangerang di sekitar titik lokasi pekerjaan akan ditutup sementara.

Rencananya, pemasangan steel box girder di Jembatan Kunciran Junction akan dilakukan pada tanggal 27 Januari sampai dengan tanggal 31 Januari 2019, mulai pukul 00.00-05.00 WIB. Sebagai upaya meningkatkan unsur keselamatan ( safety ), Jasa Marga akan melakukan pengaturan lalu lintas (lalin) di sekitar lokasi, tepatnya di Span P1-P2 Sta. 39+789 (KM 15+050) pada Jalan Tol Ruas Jakarta-Tangerang arah Jakarta (Tomang) dan arah Tangerang (Merak). Pada titik tersebut, kendaraan yang melintas akan dialihkan dengan cara jalan memutar ( detour ) melalui bahu jalan tol yang telah disediakan di sisi jalan di kedua arah. Masing-masing jalan memutar di bahu jalan tol tersebut terdiri dari 1 lajur selebar 4,5m atau dapat memuat 1 kendaraan.

Titik bukaan Jalan memutar yang melalui bahu jalan tol ini, untuk arah Jakarta dimulai dari Km 15+100 sampai dengan Km 14+975 dan untuk arah Merak dimulai pada Km 15+000 sampai dengan Km 15+100.

Pekerjaan pemasangan steel box girder tersebut dilaksanakan dengan menggunakan dua buah crane yang ditempatkan di sisi lajur arah Jakarta dan Tangerang. Nantinya, Jembatan Kunciran Junction menghubungkan Kunciran dengan Parigi.

Jalan Tol JORR II Ruas Kunciran-Serpong sendiri nantinya akan memiliki panjang 11,135 km yang terbagi menjadi 2 Paket. Paket I Kunciran-Parigi memiliki panjang 6,711 km dan Paket II Parigi-Serpong sepanjang 4,424 km.

Progres konstruksi Jalan Tol JORR II Ruas Kunciran-Serpong untuk Paket I saat ini sudah mencapai 84,197%, sedangkan Paket II sudah mencapai 86, 049%. Untuk pembebasan lahan, telah mencapai 98,700%.

Jasa Marga mohon maaf atas ketidaknyamanan akibat pekerjaan ini, tetap berhati-hati, mentaati arahan petugas dilapangan dan mematuhi rambu-rambu lalulintas yang ada.(red/rls/rjn)

Berita Rekomendasi

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments