oleh

Libur Lebaran, Goa Sunyaragi Alami Lonjakan Pengunjung Hingga 200%

RakyatJabarNews.com, Cirebon – Di hari libur Lebaran ini, masyakarat banyak menghabiskan waktu untuk berwisata bersama keluarga, apalagi banyaknya pemudik yang pulang kampung. Seperti yang terjadi di Kota Cirebon, di mana banyak pemudik yang datang ke kota ini.

Tempat-tempat wisata di Kota Cirebon pun tak luput menjadi incaran para keluarga untuk menjadikan tempat rekreasi. Seperti yang terjadi di Goa Sunyaragi yang terletak di Jl. Brigjen Dharsono (By Pass) Kota Cirebon. Goa Sunyaragi merupakan kompleks bangunan mirip candi yang terbuat dari bebatuan.

Menurut Sultan Sepuh XIV PRA Arief Natadiningrat, sejak lebaran hingga hari ini, terjadi lonjakan pengunjung sekitar 200% dibandingkan hari biasa. Dengan angka segitu, diperkirakan pengunjung datang sekitar 1000 hingga 1500 orang per harinya.

“Lonjakan tinggi sejak hari pertama lebaran hingga hari Minggu ini,” terangnya saat ditemui awak media di Goa Sunyaragi, Minggu (17/6).

Goa Sunyaragi atau yang kerap disebut Taman Sari Goa Sunyaragi atau Taman Air Goa Sunyaragi, merupakan salah satu kompleks cagar budaya yang berada di Kota Cirebon dengan luas sekitar 15 hektare. Tempat ini merupakan peninggalan Keraton Kesepuhan yang biasa digunakan oleh keluarga keraton untuk bersemedi ataupun membersihkan diri.

Arief menambahkan, selain sarana bersejarah, di Goa Sunyaragi juga menyediakan fasilitas hiburan seperti flying fox dan sepeda gantung. Pengunjung sangat menyambut antusias dengan adanya wahana baru ini.

“Selain itu, selama tiga hari ini sejak awal lebaran, kami juga mengadakan pagelaran seni dan budaya khas Cirebon, seperti Tari Topeng dan Sintren. Alhamdulillah pengunjung angkat antusias untuk menyaksikannya,” tuturnya.

Menurut Sultan Arief, lonjakan pengunjung ini diperkirakan masih bisa sampai Minggu depan. Apalagi, liburan sekolah masih sampai bulan Juli nanti, meskipun libur lebaran sudah selesai.

“Kami akan tetap siaga lebaran sampai tanggal 24 Juni nanti,” pungkasnya.

Untuk memasuki kawasan wisata Goa Sunyaragi, pengunjung cukup membayar sebesar Rp 10.000 saja. Sedangkan untuk menaiki wahana lain seperti flying fox dan sepeda gantung akan dikenakan tarif lagi.(Juf/RJN)

Komentar

News Feed