Kembangkan Potensi Pariwisata Cirebon, GAPITT Gelar C’Fest Travel Mart 2017

oleh -
banner 120x600

RakyatJabarNews.com, Cirebon – Demi mengembangkan potensi yang berada di Cirebon dan sekitarnya, Gabungan Pengusaha Industri Tour & Travel (GAPITT) mengadakan C’Fest Travel Mart 2017. Acara tersebut digelar tanggal 17-18 Oktober 2017, yakni hari pertama adalah City tour, dan yang kedua adalah table top yang digelar di Hotel Prima, Jl. Siliwangi Kota Cirebon.

Ketua Panitia C’Fest Travel Mart 2017 Budi mengemukakan bahwa tujuan kegiatan ini adalah mempromosikan potensi pariwisata yang ada di wilayah Cirebon. Acara tersebut diikuti oleh 59 buyer yang berasal dari berbagai daerah seperti Jabodetabek, Jember, Malang, Jojga, Semarang, Jember, Pacitan, Bojonegoro, dan lain-lain. Sedangkan untuk seller sendiri berjumlah 33 peserta yang berasal dari hotel-hotel dan kuliner yang berada di Cirebon dan sekitarnya.

Budi menjelaskan kegiatan ini berawal ketika pelaku wisata dan travel-travel agen yang ada di Cirebon, selalu diundang hampir satu tahun untuk ikut kegiatan travel mart atau tablet top di kota lain. Kemudian, timbul pemikiran kenapa Cirebon tidak dibuat.

“Ini angan-angan yang saya tunggu agar kegiatan seperti ini terlaksana,” jelasnya saat ditemui awak media di Hotel Prima hari Rabu (18/10).

Dalam acara one day trip hari Selasa (17/10) kemarin, peserta atau buyer ini mengunjungi Gua Sunyaragi dan disuguhi oleh Tari Topeng. Rombongan kemudian mendatangi Keraton Kasepuhan dan dimbut oleh Sultan Sepuh XIV PRA Arief Natadiningrat. Terakhir, rombongan singgah di Keraton Kacirebonan.

Sedangkan untuk di Hotel Prima sendiri diadakan acara table top untuk mempertemukan antara buyer dan seller, sehingga terjalin kesepakatan yang nantinya bisa dimanfaatkan untuk kemajuan pariwisata Cirebon dan sekitarnya.

“Jika kita berbicara tentang pariwisata yang ada di Cirebon, maka daerah lain seperti Kuningan, Majalengka, dan Indramayu jga akan ikut dibawa. Jadi, pariwisata di Cirebon ini termasuk Ciayumajakuning,” tutur Budi yang juga owner dari Obelix Travel ini.

Sedangkan menurut Kepala DKOKP (Dinas Kepemudaan Olahraga dan Kebudayaan Pariwisata) Kota Cirebon Dana Kartiman yang juga hadir dalam acara tersebut, berharap dengan adanya kegiatan ini, pariwisata di Cirebon dapat meningkat. Dan juga menjadikan Cirebon sebagai pusat pariwisata dari Ciayumajakuning.

“Pariwisata ini bukan hanya di Cirebon saja, tapi juga di Ciayumajakuning. Dan menjadikan Cirebon sebagai pusatnya. Dengan adanya city tour, akan menjadi kesinambungan antara Kota Cirebon dengan daerah lainnya,” pungkasnya.(Juf/RJN)

Comment