Jelang Lebaran, PT KAI Tingkatkan Pelayanan

oleh -

RakyatJabarNews.com, Cirebon – Untuk menyambut momen liburan Lebaran 2018 mendatang, PT Kereta Api Indonesia (Persero) mulai mempersiapkan sarana, prasarana, dan SDM untuk mendukung pelayanan dan pelaksanaan angkutan Lebaran 2018. Titik berat pelaksanaan angkutan Lebaran terletak pada faktor keselamatan, keamanan dan kelancaran perjalanan kereta api.

Adapun masa angkutan Lebaran 2018 yang ditetapkan oleh PT KAI adaah selama 22 hari, yakni mulai tanggal 5 Juni 2018 (H-10) sampai dengan 26 Juni 2018 (H+10).

PT KAI Daop 3 Cirebon juga telah melakukan upaya-upaya guna persiapan menyambut angkutan Lebaran 2018 nanti. Upaya tersebut yaitu pemeriksaan detil yang berkesinambungan di seluruh lintas sampai dengan batas wilayah Daop 3 Cirebon.

“Upaya yang kami lakukan di antaranya penutupan perlintasan sebidang yang tidak dijaga/liar, yang merupakan cikal bakal terjadinya penambahan perlintasan sebidang, sebanyak 40 titik,” jelas Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon Krisbiyantoro dalam rilisnya, Jumat (13/4).

Selain itu, lanjut Kris, ada juga pemeriksaan kondisi lintas dengan berjalan kaki sejauh 9 km antara Telagasari-Jatibarang yang dilakukan oleh Managemen PT KAI Daop 3 Cirebon dan masih akan terus berlanjut, perbaikan dan penggantian plat sambung, las thermit dan elektroda, normalisasi saluran air, pembersihan sampah di sekitar jalur rel lintas Jatibarang dan Sindanglaut, pengecekan peralatan persinyalan, kabel FO, serta penggantian palang pintu JPL yang mengalami kerusakan dan lain-lain yang menuju pada keselamatan perjalanan KA.

“Kami juga meakukn pemeriksaan dan penanganan di daerah rawan longsor dan amblesan pada petak jalan antara Cipunegara dan Haurgeulis,” terang Kris.

Kris menambahkan, PT KAI Daop 3 Cirebon juga memastikan bahwa dari hasil pemeriksaan secara teknis, mulai dari kesiapan sarana, prasarana, dan sumber daya manusia yang ada, tidak ditemukan kendala dan siap menyambut Angkutan Lebaran 2018.

“Pada masa angkutan Lebaran 2018 nanti, semua pegawai operasional ditugaskan untuk posko secara bergantian, dan pengajuan cuti ditangguhkan demi meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa KA,” pungkasnya.(Juf/RJN)

Berita Rekomendasi

Comment