Dinkes Cianjur Akan Selaras Dengan Slogan Bupati, Yakni Cianjur Jago

oleh -
banner 120x600

RakyatJabarNews.com, Cianjur – Kepala Seksi (Kasi) Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK) pada Bidang Sumber Daya Kesehatan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur siapkan program pelatihan Hard Skill dan Soft Skill sebagai bahan peningkatan pelayanan keaehatan terhadap masyrakat.

Kasi SDMK Dinkes Cianjur, dr. Sany Sanjaya menjelaskan Hard Skill terdiri dari peningkatan kemampuan teknis menurut disiplin ilmu yang sudah diperoleh peserta sebelumnya.

“Misalnya teknik kebidanan, keperawatan ataupun pengobatan serta dunia kedokteran,” jelasnya.

Sedangkan Soft Skill, lanjut dr. Sany, adalah pelatihan yang menitik beratkan pada kemampuan karakter dan komunikasi dari tenaga kesehatan yang ada di Kabupaten Cianjur. Solf Skill ini sangat diperlukan karena karakter kuat dan cara komunikasi yang baik termasuk penunjang utama dari kesembuhan si sakit.

“Membangun sugesti positif dengan pasien itu modal utama kesembuhan,” tambahnya.

Sany mengaku, dua calon program unggulannya tersebut sudah dilaporkan kepada atasannya. Begitu juga terhadap Kepala BKPPD sudah diberitahu.

“Terhadap Pak Kabid dan Pak Kadis sudah saya kemukakan,” akunya.

Dalam pandangan dr. Sany, pelatihan ini sabgat diperlukan untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat Cianjur. Diyakini juga Indek Pembangunan Manusia bidang kesehatan akan menemui perkembangan yang pesat.

“Kekurangan dalam pelayanan sebelumnya bisa terbantu dan ditingkatkan oleh kemampuan Hard Skill dan Solf Skill dari tenaga kesehatan yang ada,” tukasnya sedikit panjang lebar.

Terkecualai, masih menurut dr. Sany, persoalan kekurangan tenaga dokter di Cianjur Selatan memang harus segera diatasi dengan mendatangkan para baru. Hal ini berkaitan dengan kafasitas dan ijin praktek resmi.

Menurutnya, dengan peningkatan pelayanan kesehatan yang selalu ditekankan oleh Kadis Dinkes Cianjur akan selaras dengan slogan Bupati, yakni Cianjur Jago.

“Insya Allah, dibidang kesehatan Cianjur bisa lebih unggul,” pungkasnya. (RJN Group)

Comment