Dapoer Mak Oetjih, Kuliner Home Industry yang Sudah Dikenal Hingga Jakarta

oleh -
banner 120x600

RakyatJabarNews.com, Cirebon – Industri UMKM semakin menunjukkan kekreatifannya dalam menarik para customer, seperti yang dilakukan oleh usaha kuliner Dapoer Mak Oetjih (baca: Dapur Mak Ucih). Walaupun masih home industri, namun nama dan masakannya sudah tersebar ke wilayah 3 Cirebon, bahkan Bandung hingga Jakarta.

Crisa Agulia selaku pemilik Dapoer Mak Oetjih ini awalnya hanya iseng-iseng saja membuat masakan bersama teman. Ketika di-endorse ke satu orang, akhirnya banyak yang tertarik untuk membelinya.

“Bahkan ada yang menyarankan untuk membuat masakan lain lagi karena rasanya enak,” jelasnya saat ditemui RakyatJabarNews.com di kediamannya di Puri Cirebon Lestari, Jl. Ir. Soekarno Blok C no. 3 Talun Kabupaten Cirebon, Rabu (3/1).

Nama Dapoer Mak Oetjih ini, menurut Crisa, adalah diambil dari nama sang ibu. Hal itu dikarenakan supaya usahanya ini mendapat berkah dengan menggunakan nama orang tua. Dapoer Mak Oetjih ini sendiri sebenarnya sudah lama dijalankan oleh Crisa sejak 2015 lalu.

“Namun, sempat vakum dulu. Dan baru-baru ini mulai up lagi. Bahkan hanya 2 Minggu saja follower Instagramnya naik,” tuturnya.

Dalam menjual hasil masakannya, Crisa masih mempromosikannya secara online melalui sosial media. Jadi, dia memberlakukan sistem pre order, pesan hari ini, besok dibuat dan langsung diantarkan. Salutnya, dia masih melakukannya sendiri, dimulai dari berbelanja bahan sejak subuh, memasak, hingga packing. Sedangkan untuk pengantarannya menggunakan jasa kurir.

“Sempat kerepotan juga. Tapi Alhamdulillah saya sudah dikasih resep dari ibu supaya bisa memasak lebih cepat,” jelasnya.

Crisa menambahkan, terdapat beberapa menu di Dapoer Mak Oetjih, seperti Sticky Rice, Chicken Fire Fillet/Wing, Kue Lumpur, Mozarella Stick/Square with Tortilla Coat, Sushi Kebab, Cinnamon Rolls, Cheesy Vitesse Pizza, Salted Egg Chicken, dan lain-lain. Harganya pun bervariasi dan dibanderol dimulai dari Rp 20.000.

Dari usahanya yang baru merintis dan masih home industry tersebut, Crisa mengaku sudah mendapatkan penghasilan bersih yang lumayan. Ditambah, dia sudah bisa membayar kurir untuk pengiriman masakannya.

“Harapannya semoga lebih maju dan bisa membuka outlet sendiri dan bisa mempunyai karyawan,” pungkasnya.(Juf/RJN)

Comment