BUMDes Mangun Jaya Raup Keuntungan Hingga 14 Juta

  • Whatsapp

RakyatJabarNews.com, Bekasi – Meski belum genap setahun namun Badan Usaha Milik Desa. (BUMDes) Mangun Jaya Mandiri dapat mencatat keuntungan hingga 13,9 juta. BUMDes yang dikembangkan Pemerintah Desa (Pemdes)  Mangun Jaya berkomitmen untuk meningakatkan pendapatan. 

Ketua BUMDes Mangun Jaya,  Dasrun kosim ditemui awak media di Minimarket milik BUMDes menjelaskan ada empat bidang usaha yang dikelola. 

Bacaan Lainnya

Yaitu penjualan retail,  distributor gas, penjualan tiket online dan pembayaran. “Keuntungan 13,9 itu dari empat bidang usaha. Ini sudah bagus karena baru berdiri,” katanya. 

Dari empat bidang itu kata Dasrun yang paling berkontribusi besar adalah distributor gas karena memang di wilayah ini termasuk padat penduduk. 

Dalam kurun waktu sembilan bulan BUMDes ini mampu menjual sekitar 9500 tabung, “Sehari kita bisa kirim 50 tabung. Tahun ini kita target dapat menembus 18ribu,” katanya. 

Sedangkan untuk retail sendiri berdasarkan pantauan, BUMDes ini layaknya minimarket yang menjual berbagai kebutuhan keluarga. 

Menurut Dasrun penjualan retail diyakini warga akan mendapatkan harga yang lebih kompetitif. Pihaknya juga meminta dukungan dari berbagai pihak. 

“Untuk retail ini harus ada kesadaran dari warga terutama dari aparatur desa sendiri untuk dapat berbelanja di BUMDes. Ini bisa jadi contoh bagi warga,” katanya. 

BUMDes jika dikelola dengan baik dan secara profesional diyakini dapat berkembang pesat untuk kemajuan desa. Dasrun mengatakan pihaknya menargetkan dapat mengelola 12 unit bisnis.v”Target kita 12 unit bidang usaha dikelola BUMDes. Nanti kita coba kelola pasar desa, kebersihan dan lainnya,” tuturnya. 

Pada tahun ini BUMDes Mangun Jaya akan kembali mendapatkan kucuran dana sebesar 500 juta, “Rencana tahun ini ada kucuran dana 500 juta untuk pengembangan BUMDes,” katanya.(Yto/RJN)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *