Kuwu Curug Wetan Kunjungi Rumah Program Rutilahu

oleh -

RakyatJabarNews.com, Cirebon – Kuwu Curug Wetan Jaenudin SH meninjau pelaksanaan program Rutilahu di Dusun 1 RT 01 RW 02 Desa Curug Wetan Kecamatan Susukan Lebak Kabupaten Cirebon, Rabu (2/5). Rumah tersebut adalah milik keluarga Casdiwan (61) dan Warsini (52).

Rumah milih keluarga Warsini ini sebelumnya tidak layak huni. Kemudian, menspatakna bantuan dari program Rutilahu Desa Curug Wetan, dan mulai direhab sekitar dua minggu yang lalu. Kini, rumah tersebut sebentar lagi akan rampung dan siap huni.

Menurutnya, program RutiLahu merupakan hasil pengajuan pada Musrenbang Desa, sehingga sudah menjadi kewajiban Pemerintah Desa merealisasikan program yang sudah di setujui sesuai kebutuhan masyarakat. Adapun program RutiLahu merupakan salah satu dari program pembangunan di Desanya.

“Program RutiLahu pada tahun 2018 hasil musyawarah Desa menganggarkan 4 RutiLahu dan milik Keluarga Casdiwan merupakan rumah pertama yang direhab dari Dana Desa. Dan sisanya akan di laksanakan pada tahap berikutnya,” jelasnya.

Sedangkan menurut Warsini, dirinya tak mampu berkata apa-apa dan berkaca-kaca tatkala didatangi Kuwu Curug Wetan Jaenudin SH untuk meninjau pelaksanaan rehab pada bangunan rumah miliknya. Dirinya begitu bersyukur atas perhatian Pemerintah khususnya Desa Curug Wetan yang sedang melakukan rehab RutiLahu.

“Kami sekeluarga sangat bersyukur. Kini kami bisa tidur nyenyak pada saat hujan karena selama bertahun tahun selalu kebocoran di musim hujan,” terangnya.

Dituturkannya, jika selama ini keluarganya tidak mampu merehab sendiri karena alasan ekonomi. Apalagi suaminya divonis menderita penyakit diabetes pada lima tahun lalu. Dan untuk menghidupi keluarganya, dirinya kerja serabutan dari jam 6 pagi sampai 5 sore di home industri pembuatan batu bata merah.

“Kami ini keluarga tidak mampu, kami bekerja serabutan di pembuatan batu bata merah dan mendapatkan upah 30 ribu perhari, sedangkan suami kondisinya sedang sakit gula diabetes,” pungkasnya.(Ymd/RJN)

Berita Rekomendasi

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments