oleh

ACT Luncurkan Program Marhaban Yaa Dermawan

RJN, Cirebon– Jelang bulan Ramadan tahun 2019, Aksi Cepat Tanggap (ACT) Cirebon meluncurkan program yang bertemakan “Marhaban Yaa Dermawan” yang berlangsung di salah satu rumah makan di Jalan Raya Kedawung, Kabupaten Cirebon, Selasa (30/4/2019).

Ado Nurdiansyah Effendi, selaku Branch Manager ACT Cirebon mengatakan dari tema Marhaban Yaa Dermawan akan ada beberapa program khusus di bulan Ramadan yang salah satunya bertujuan untuk percepatan pengentasan kemiskinan.

“Kita akan banyak program, terutama program-program yang mendukung hal-hal tersebut di Kota Cirebon dan sekitarnya,” ujarnya kepada awak media saat press confrence.

1. Food Truck

Program Marhaban Yaa Dermawan, ACT Cirebon yang menyangkup wilayah III Cirebon ini akan melaksanakan program food truck. Food truck ini bisa memproduksi makanan sampai 1.500 porsi dalam sehari.

“Nanti pembuatan makanannya langsung di truknya dan dibagikan kepada masyarakat pada saat itu juga,” jelasnya.

Progeam Food Truck, lanjut Adi, merupakan program nasional dari ACT, dan Alhamdulillah ACT Cirebon mendapat kesempatan di dua titik selama dua hari.

“Selama dua hari nanti, seharinya akan membagikan 1.000 porsi,” kata Adi.

Untuk tempat Food Truck ACT, rencananya akan berada di Argasunya Kota Cirebon dan Kabupaten Indramayu yang kemarin tertimpa banjir.

2. Program Bulan Ramadan 

Selain prograam Food Truck, ACT Cirebon selama bulan ramadan akan memberikan paket pangan untuk lansia dan warga tidak mampu.

“Ada juga program lainnya, termasuk mendatangan Syech dari Palestina langsung,” ucap Adi.

Lanjut Adi, Kenapa mendatangkan Syech dari Palestina?, kita ingin masyarakat Cirebon dan sekitarnya tahu bagaimana kondisi saudara-saudara kita di Palestina.

“Kemudian kami juga menyiapkan program paket buka puasa yang nantinya akan dirutinkan dan dibagikan untuk daerah-daerah yang membutuhkan,” tambahnya.

3. Hadirkan Melly Goeslaw

Selain itu, pihaknya berencana akan menggelar konser kemanusian pada tanggal 26 Mei 2019 dengan mendatangkan Melly Goeslaw. Rencananya akan diselenggarakan di Hotel Santika Cirebon.

“Mudah-mudahan tidak ada perubahan lagi,” ucapnya.

Konser Kemanusiaan tersebut bertujuan untuk menggugah kepedulian untuk saudada-saudara di Palestina, karena Melly Goeslaw saat ini sedang fokus untuk membantu Palestina.

“Kita gratiskan konsernya, tapi nanti harus ada registrasi, karena memang dibatasi maksimal hanya 500 orang,” kata Adi.

Pada konser kemanusian tersebut, konsep yang dihadirkan selain Melly akan tampil dengan lagu-lagunya, kemudian akan ada lelang amal.

“Lelang amal salah satunya dengan lukisan-lukisan yang dibuat oleh santri-santri dari Khusnul Khotimah yang bertemakan Palestina,” jelasnya.

“Selain itu, ada juga lelang foto yang menggambarkan Palestina saat ini dan juga lelang Syal Palestina,” imbuh Adi.

Pihaknya berharap, dengan diadakannya konser kemanusian dan bekerja sama dengan Melly Goeslaw ini bisa mengajak masyarakat Kota Cirebon dan sekitarnya untuk peduli bersama.

4. Menghadirkan MSR

Dengan diadakannya program Marhaman Yaa Dermawan, ACT Cirebon berharap bisa meningkatkan kepedulian kepada sesama.

“Kemanusian tidak terhadap kepada Palestina, tetapi justru terhadap orang sekitar kita yang terdekat terlebih dahulu,” ujarnya.

Di bulan Ramadan nanti, kata Adi, akan menghadirkan Mobile Social Rescue (MSR) untuk kasus-kasus media atau kesejateraan sosial yang diangkat dan dibantu.

5. Arus Mudik

Selain itu, menjelang mudik lebaran baik di jalur pantura maulun jalan tol, biasanya ACT menghadirkan tim medis dan food truck.

“Rencananya nanti, Food Truck setelah dari Cirebon akan langsung ke lokasi jalur mudik di Karawang,” tandasnya.

(gii/rjn)


Komentar

News Feed