oleh

Wow, Kuwu Ulet Ini Berpenghasilan 500 Ribu Perhari

RakyatJabarNews.com, Cirebon – Di tengah-tengah kesibukannya sebagai seorang Kuwu di desa Pucungpugur, Kabupaten Cirebon, Suryani sukses menjalankan bisnis usahanya dengan beternak telor ayam. Penghasilannya mencapai Rp 500.000 perhari.

Suryani menceritakan, usaha apa pun jika digeluti dengan serius, akan mendatangkan hasil yang bagus. Dengan modal awal Rp 130 juta, dirinya membangun kandang ayam di belakang rumahnya dan membeli ayam petelor jenis lokmen. Jumat 11/5/2018

“Saya belajar secara otodidak hanya dengan memberi makan ayam dan tidak malu bertanya akhirnya bisa menguasai cara beternak ayam petelor,” jelasnya, Jumat (11/5).

Masih menurut Suryani, bisnis ayam petelor cukup menjanjikan karena setiap harinya bisa memberikan nafkah pada keluarga. Usahanya pun sudah berjalan selama setahun.

“Bisnis ini cukup menjanjikan, ayam petelor jenis lokmen yang berjumlah 850 ekor menghasilkan telor 45 kg setiap hari dengan keuntungan kotor Rp 900 ribu perhari. Sedangkan kebutuhan pakan setiap harinya hanya 400 ribu, sehingga sisa hasil usaha ayam petelor setiap harinya mencapai 500 ribu. Maka setiap bulan berhasil mendapatkan keuntungan 15 Juta dan bisa menafkahi keluarga,” terangnya.

Dia menjelaskan, dirinya cukup meluangkan waktu pada pagi sebelum berangkat ke kantor dengan memberi makan 20 kg pakan konsentrat, ditambah dedek dan jagung. Dan pada sore hari, diberi lagi pakan yang sama 20 kg lagi dan diberikan vitamin, agar ayam tetap sehat dan sudah berjalan setahun lebih tidak ada kendala dalam beternak ayam petelor.

“Usaha ternak ini bisa menjadi salah satu solusi jika nanti pensiun dari jabatan politik dari kuwu, karena jenis usaha ternak ini sederhana, yakni cukup memberi makan 2 kali sehari pagi dan sore setiap ayam cukup 100 gram. Sehingga dengan jumlah ayam 850 ekor, kita cukup memberi pakan 20 kg pagi dan sore 20 kg dan alhamdulillah sudah lebih satu tahun berjalan tidak ada kendala,” pungkasnya.(Ymd/RJN)


Komentar

News Feed