oleh

Viral, Bekas Galian C di Cirebon Kini Jadi Tempat Wisata Instagramable

RJN, Cirebon – Bekas Galian C di Cadasngampar, Kelurahan Argasunya, Kota Cirebon berpotensi menjadi destinasi wisata baru. Karena, topografi dan kondisi lahannya sangat mirip dengan tempat wisata Bukit Jaddih di Madura, dan Tebing Breksi di Sleman.

Kedua tempat ini, merupakan sebagian kecil dari tempat wisata yang memanfaatkan lahan bekas Galian C. Namun, untuk mewujudkannya dibutuhkan pengelolaan yang baik dan kebijakan yang terintegrasi antara Pemerintah Kota Cirebon, masyarakat, dan stakeholder.

Lurah Argasunya, Dudung Abdul Barry menjelaskan, di bekas Galian C Cadasngampar terdapat kolam-kolam air bekas galian, yang dikelilingi oleh tebing-tebing setinggi 10 sampai 15 meter yang menjadikan lokasi ini sebagai foto menarik.

Di beberapa bagian tebing tersebut, terdapat beberapa lubang-lubang bekas galian yang sangat pas sebagai latar belakang foto. “Jika melihat foto-fotonya, sekilas memang terlihat bagus dan instagramable,” katanya, Selasa (16/7/2019).

Oleh karena itu, pihaknya dan pemuda setempat hendak memviralkan potensi wisata itu melalui media sosial. “Anak-anak muda sudah ada yang bagikan foto-fotonya di media sosial. Kami ingin memviralkannya,” imbuhnya.

Bahkan, ia sempat studi banding ke Tebing Breksi pada tahun 2018 kemarin. Kondisi lahan dan suasananya memang hampir mirip dengan yang ada di wilayah Argasunya. “Topografinya sangat mirip,” katanya.

Namun, potensi yang besar tersebut masih terkendala terkait kepemilikan lahan Galian C. Pasalnya, terdapat banyak kepemilikan lahan tersebut yang mengakibatkan Pemerintah Kota Cirebon kesulitan mengembangkan potensi wisata.

Selain itu, akses jalan serta faktor keamanan juga masih menjadi hambatan dalam mengembangkan potensi wisata di Argasunya. “Tahap awal kita masih mengurusi kepemilikan lahan dahulu, agar bisa menjadi milik Pemerintah Kota Cirebon,” ungkapnya.

(gie/rjn)

Komentar

News Feed