Selama Bulan Mei 2018, Inflasi di Cirebon Lebih Rendah Dibanding Jawa Barat dan Nasional

  • Whatsapp

RakyatJabarNews.com, Cirebon – Selama Bulan Mei 2018, inflasi di Kota Cirebon lebih rendah dari Jawa Barat dan Nasional. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Cirebon, Abdul Majid Ikram saat jumpa pers di Kantor Perawakilan Bank Indonesia Cirebon, Jl. Yos Sudarso Kota Cirebon, Rabu (6/6).

“Inflasi Kota Cirebon pada bulan Mei sebesar 0,16 persen. Angka tersebut lebih rendah dibandingkan Jawa Barat sebesar 0,28 persen dan 0,21 persen untuk inflasi tingkat Nasional,” jelasnya.

Bacaan Lainnya

Dengan didampingi Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi KPw BI Cirebon Rawindra Ardiansah, Abdul Majid menjelaskan, rendahnya inflasi pada Mei yang bertepatan dengan Ramadhan termasuk luar biasa dan paling rendah dibandingkan dengan Ramadhan kurun tiga tahun lalu, yang rata-rata mencapai 0,47 persen.

Sedangkan untuk tingkat inflasi tahun kalender bulan Januari hingga Mei 2018, lanjut Majid, adalah sebesar 1,4 persen.

Menurut Majid, pencapaian ini merupakan berkah bagi Bank Indonesia dan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Cirebon. Apalagi, Mei yang bertepatan dengan Bulan Ramadhan 1439 H.

“Ini semua tidak lepas dari kerja keras dan peran serta dari semua pihak, mulai dari BI, TPID, Bulog, PPI, Perbankan, pemda dan pemkot, stakeholder, ulama, masyarakat dan media massa,” terangnya.

Lebih lanjut, Majid menambahkan, BI dan TPID akan terus berupaya melakukan pengendalian inflasi dengan pasokan kebutuhan masyarakat yang cukup dan stabilitas harga. “Bila terjadi gejolak harga, maka kami akan segera melakukan operasi pasar,” pungkasnya.(Juf/RJN)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *